6 Manfaat Memperpanjang Periode Menyusui Bagi Ibu dan Bayi

manfaat memperpanjang periode menyusui

Menyusui merupakan hal yang sangat bermanfaat secara kesehatan bagi ibu dan bayi. Selain itu, proses menyusui juga memungkinkan ibu dan anak memiliki ikatan emosional yang baik. Pada umumnya, dokter akan merekomendasikan ibu untuk menyusui hingga bayi berusia setidaknya satu tahun.

Sementara itu, American Academy of Pediatrics merekomendasikan agar ibu menyusui bayi secara eksklusif selama enam bulan pertama, dan memperpanjang periodenya sembari memperkenalkan makanan padat pada bayi, untuk tahun pertama atau selama yang diinginkan oleh ibu dan bayi.

Inilah enam manfaat memperpanjang periode menyusui bagi ibu dan bayi menurut Robin Elise Weiss, seorang ibu dari delapan anak, sekaligus konsultan laktasi.

Memberi Nutrisi untuk Bayi

Kebanyakan orang beranggapan jika air susu yang telah diberikan kepada bayi setelah satu tahun sudah tidak memiliki nilai gizi. Sebenarnya anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Terlepas dari usianya, anak akan terus mendapatkan manfaat dari protein, kalsium, lemak, vitamin A dan nutrisi lain dalam ASI.

Weiss memberikan analoginya melalui perbandingan manfaat nutrisi dengan sayuran bayam. Jumlah bayam yang Anda konsumsi tidak mengurangi nilai nutrisinya. Baik porsi pertama maupun porsi ke-1000, memiliki kandungan nutrisi yang sama.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Semakin lama Anda memperpanjang periode menyusui, semakin kecil kemungkinan bayi mengalami beberapa penyakit. Hal ini dikarenakan imunitasnya meningkat seiring lamanya proses menyusui.

Mendukung Kesehatan Ibu

Memperpanjang proses menyusui juga membuat ibu lebih sehat dan mengurangi kemungkinan menderita kanker payudara, menurunkan risiko terhadap kanker ovarium dan kanker endometrium. Dapat dikatakan jika ibu menyusui dua bayi selama dua tahun, manfaatnya sama dengan ibu yang menyusui empat bayi setiap tahun.

Meningkatkan Perkembangan Otak

Penelitian menunjukkan bahwa menyusui membantu meningkatkan perkembangan otak pada bayi. Weiss mengatakan bahwa selain nutrisi yang terkandung dalam ASI, bayi yang menyusu kedua payudara ibunya memiliki kesempatan untuk melihat dan menjangkau ke arah yang berbeda. Sebaliknya, jika menyusu menggunakan botol, bayi cenderung melihat ke arah yang sama. Oleh karena itu Weiss mendorong para ibu yang menggunakan botol untuk mengubah posisi bayi dan botol, untuk membantu melatih jangkauan dan pikiran bayi.

Menenangkan Bayi

Memperpanjang periode menyusui merupakan kesempatan bagi ibu dan bayi untuk membangun ikatan emosional. Ini sekaligus merupakan cara menenangkan bayi. Weiss mengatakan, menyusui dapat digunakan untuk menenangkan anak yang mengalami luka karena terjatuh. Dengan cara itu, ibu pun bisa memeriksa kondisi luka anak.

Menenangkan Ibu

Selain menenangkan bayi memperpanjang periode menyusui juga dapat menenangkan ibu secara bersamaan. Sebab, ibu dapat beristirahat dari rutinitasnya sembari menyusui.

Parenting

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*