Berapa Lama Durasi Tidur Siang Ideal untuk Kesehatan?

Sebagian dari Anda mungkin sering tidur siang saat tubuh merasa lelah di tengah hari. Setiap orang memiliki waktu tidur siang yang berbeda-beda, mulai dari sepuluh menit hingga satu jam. Lantas, sebenarnya berapa lamakah durasi tidur siang yang ideal untuk kesehatan?

tidur siang

Tidur siang merupakan cara yang tepat bagi Anda untuk kembali mengumpulkan energi dan melanjutkan aktivitas. Setelah tidur siang, biasanya energi Anda akan terkumpul kembali. Meski begitu, Anda harus berhati-hati dalam menentukan waktu tidur siang yang tepat bagi diri Anda.

Berapa lama durasi tidur siang yang ideal?

Sebenarnya, durasi tidur siang yang ideal berbeda-beda pada setiap orang. Hal tersebut dipengaruhi oleh faktor usia serta siklus tidur seseorang. Karena itu, tidur siang yang baik adalah tidur siang yang tidak melebihi siklus tidur.

Idealnya, waktu tidur siang tidak lebih dari 20 menit. Secara khusus, durasi ini tepat untuk tidur siang yang dilakukan pada siang menjelang sore hari.

Menurut penelitian, tidur siang selama 20 menit di siang hari memungkinkan tubuh untuk beristirahat lebih dalam. Sementara, jika tidur siang Anda lakukan terlalu cepat, misalnya pada pagi menjelang siang, waktu istirahat yang terkumpul justru lebih sedikit.

Pada dasarnya, tubuh akan menjadi lelah kurang lebih 8 jam setelah bangun pagi. Waktu itulah yang tepat untuk mulai melakukan tidur siang.

Meski durasi tidur siang yang direkomendasikan adalah 20 menit, beberapa orang mungkin memerlukan waktu tidur siang hingga 45 menit atau bahkan satu jam. Hal ini tergantung pada durasi tidur Anda saat malam hari. Idealnya, Anda memiliki siklus tidur 7 jam di malam hari dan tidak lebih dari 30 menit di siang hari.

Mengapa durasi tidur siang dibatasi?

Batas waktu tidur siang sebenarnya dipengaruhi oleh siklus tidur Anda di malam hari. Saat tidur di malam hari, otak Anda secara otomatis bergerak melalui berbagai tahapan. Tahapan ini akan menyebabkan gelombang otak yang berbeda dan melepaskan hormon tertentu ke aliran darah.

Satu siklus tidur terdiri atas empat tahap. Di malam hari, Anda akan melewati siklus tidur selama beberapa kali. Pada sebagian orang, seluruh empat tahap akan terjadi pada menit ke 90-110. Setelahnya, Anda akan kembali pada tahap pertama dan mengulang siklus.

Sebaiknya, tidur siang tidak melalui seluruh empat tahap tersebut. Karena itu, waktu tidur siang sebaiknya tidak lebih dari 90 menit.

Menurut penelitian, jika Anda terbangun dari tidur siang setelah melewati tahap 1 dan 2, Anda lebih mungkin untuk merasa berenergi dan kembali semangat untuk melanjutkan aktivitas. Akan tetapi, jika tidur siang Anda sudah memasuki tahap tiga dan empat, Anda akan lebih mudah merasa pusing dan semakin lelah.

Manfaat tidur siang bagi kesehatan

Ada banyak manfaat dari tidur siang bagi kesehatan tubuh Anda, terlebih jika dilakukan dalam durasi tidur siang yang ideal. Beberapa manfaatnya antara lain:

  • Memperbaiki suasana hati. Tidur siang meningkatkan energi Anda sehingga mampu melakukan aktivitas dengan perasaan positif dan memiliki toleransi terhadap hal-hal yang memicu frustasi.
  • Meningkatkan kemampuan belajar. Menurut penelitian, tidur siang dapat meningkatkan fokus dan memori, sehingga informasi baru bisa disimpan bahkan ditingkatkan.
  • Menurunkan tekanan darah. Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur siang dapat menurunkan kadar tekanan darah, bahkan menurunkan resiko terkena serangan jantung hingga 10%.

Selama dilakukan dengan benar dan pada durasi tidur siang yang ideal, tidur siang Anda akan memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Jika Anda sulit bangun dari tidur siagn setelah 20 menit, cobalah untuk menggunakan alarm agar bisa terbangun.

Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*