Cara Mengobati Eksim, Apa Perawatan yang Terbaik?

Eksim atau nama lainnya dermatitis atopik adalah salah satu bentuk eksim yang paling umum, suatu kondisi yang menyebabkan kulit menjadi gatal, kering dan pecah-pecah. Eksim sering kali terjadi pada anak-anak maupuan dewasa.

Umumnya, kondisi ini akan berlangsung lama (kronis) dan cenderung kambuh secara berkala. Bahkan bisa disertai dengan asma atau alergi serbuk bunga. Sampai sat ini mungkin belum ada obat untuk dermatitis atopik ini, namun beberapa perawatan dapat meredakan gatal dan mencegah muncul eksim yang baru. Nah, berikut beberapa cara mengobati eksim yang bisa Anda coba.

Gejala eksim

Dermatitis atopik ini hadir dengan gejala yang berbeda-beda pad tiap individu. Dan berikut beberapa tanda dan gejala eksim yang umumnya muncul:

  • Kulit kering
  • Gatal, bisa menjadi lebih parah di malam hari
  • Bercak merah hingga abu kecoklatan, terutama di tangan, kaki, pergelangan kaki, pergelangan tangan, leher, dada bagian atas, kelopak mata, di dalam lekukan siku dan lutut, serta pada bayi, bisa terjadi pada wajah dan kulit kepala
  • Benjolan kecil dan menonjol, yang dapat mengeluarkan cairan dan mengeras saat digaruk
  • Kulit menebal, pecah-pecah, bersisik
  • Kulit memerah, sensitif, dan bengkak karena menggaruk

Dermatitis atopik paling sering dialami oleh anak sebelum usia 5 tahun dan bahkan bisa berlanjut hingga remaja dan dewasa. Bagi beberapa orang, kondisi ini dapat kambuh-kambuhan, datang dan hilang untuk sementara waktu, bahkan dalam beberapa tahun.

Cara mengobati eksim

Perawatan yang bisa dilakukan untuk eksim berikut dapat membantu meringankan gejala yang muncul. Meskipun belum ada obatnya, tetapi banyak penderita anak-anak yang mendapakan gejalanya berkurang bahkan membaik seiring bertambahnya usia. Berikut beberapa perawatan utama untuk dermatitis atopik:

  • Emollients (moistrurizer), yang dapat Anda gunakan setiap hari untuk mencegah kulit menjadi kering.
  • Kortikosteroid topikal, sebuah krim atau salep yang digunakan untuk mengurangi pembengkakan dan kemerahan.

Perawatan lain termasuk:

  • Pimekrolimus topikal atau tacrolimus, yang digunakan untuk eksim pada bagian tubuh yang sensitive dan tidak dapat merespon pengobatan yang sederhana
  • Antihistamin untuk gatal yang lebih parah
  • Perban atau pakaian tubuh khusus untuk emungkinkan tubuh menyembuhkan luka eksim tersebut
  • Perawatan yang lebih efektif biasanya dilakukan oleh dokter kulit atau spesialis kulit.

Selain beberapa perawatan atau cara mengobati eksim di atas, ada beberapa hal yang perlu anda lakukan sendiri untuk membantu meringankan gejala dan mencegah masalah lebih lanjut.

  • Cobalah untuk mengurangi kerusakan akibat garukan

Eksim sering kali datang dengan rasa gatal, dan sangat menggoda Anda untuk menggaruk area kulit yang terkena. Tetapi, jika Anda menggaruk biasanya dapat merusak kulit Anda dan dengan sendirinya akan menyebabkan lebih banyak eksim.

Pada kondisi tersebut, kulit akhirnya akan menebal dan menjadi area kasar akibat garukan kronis. Menggaruk terlalu dalam pun dapat menyebabkan perdarahan dan meningkatkan risiko kulit Anda terinfeksi atau bekas luka.

Jadi, cobalah untuk mengurangi goresan dengan tidak menggaruk secara berlebihan. Jika bayi Anda mengalami eksim, gunakan sarung tangan pada bayi untuk mencegahnya menggaruk. Selain itu, jaga kuku untuk tetap pendek dan bersih, minimalkan kerusakan pada kulit akibat garukan yang tidak disengaja.

  • Hindari pemicu

Menghindari pemicu yang membuat eksim kambuh, akan menjadi lebih baik dan nyaman. Nah, setelah Anda mengatahui pemicunya, Anda dapat mencoba untuk menghindarinya. Meskipun beberapa orang dengan eksim sering kali alergi terhadap tungau debu rumah, maka cobalah untuk menyingkirkannya dari rumah Anda.

  • Perubahan pola makan

Beberapa makanan, seperti telur dan susu sapi dapat memicu gejala eksim. Namun, untuk merubah pola makan ada baiknya untuk tetap konsultasikan dengan dokter Anda. Hal ini pun bisa menjadi indikasi bahwa dokter mencurogai adanya alergi makanan.

Pada kondisi tersebut, biasanya dokter akan mencari cara untuk menghindari makanan yang membuat Anda alergi sambal memastikan Anda tetap mendapatkan nutrisi yang Anda butuhkan. Jika Anda menyusui bayi dengan eksim atopik, ada baiknya untuk mendapatkan konsultasi dengan dokter sebelum Anda membuat perubahan pola makan dalam diet Anda.

Beberapa cara mengobati eksim di atas diharapkan dapat memabntu Anda mengurangi gejala yang muncul akibat eksim. Namun, Anda harus mengunjungi dokter jika merasa sangat tidak nyaman sehingga mempengaruhi tidur dan aktivitas Anda sehari-hari, mengalami infeksi kulit, koreng kuning, nanah, dan berdarah.

Penyakit

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*