Gambaran Umum Mengenai PET SCAN

Merupakan gabungan dari pemindaian PET dan CT yang fungsinya agar mendapatkan lebih lengkap dan rinci mengenai gambaran kondisi pasien penyakit kanker disebut dengan PET SCAN. PET merupakan singkatan dari Position Emission Tomography dan CT adalah Computed Tomography, keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok.

Perbedaan mencolok keduanya adalah pada penggunaan sinar X yang dipakai untuk mengambil gambar bagian dalam tubuh pada CT. Sementara PET menggunakan penyuntikan zat radioaktif bernama radiotracer sesaat sebelum pasien masuk ke pemindai PET. Dalam proses pemindaian gabungan bisa mendeteksi bagian mana yang memiliki sel-sel lebih aktif.

Proses PET Scan

Pemeriksaan ini tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang, pasien yang menggunakan proses pemeriksaan ini adalah mereka yang terindikasi mengidap kanker atau sudah dalam tahap proses pengobatan kanker. Dengan pemeriksaan ini, dokter akan mendapatkan gambaran secara rinci dan beberapa keuntungan yang di dapat seperti di bawah ini.

  • Melakukan diagnosa kanker.
  • Menentukan tingkat atau stadium kanker penderita.
  • Menentukan jenis pengobatan terbaik untuk penyembuhan penyakit kanker.
  • Menentukan perubahan setelah pengobatan.
  • Menentukan bagian pertama yang terjangkit kanker.
  • Membedakan antara jaringan luka dan jaringan kanker aktif.
  • Menentukan apakah kanker akan kembali atau sudah hilang.

Terkait hasil dari pemeriksaan, baru akan muncul beberapa minggu setelah tes dilakukan. Meski demikian, dokter dapat meminta hasil pemeriksaan jika pada kasus darurat. Yang bertanggung jawab pada hasil pemeriksaan pindai adalah spesialis radiologi dan pengobatan dengan nuklir, setelah itu akan memberikan laporan ke dokter spesialis.

Pasien akan dijadwalkan menjalani pemindaian di saat yang bersamaan juga merupakan masa persiapan, dokter akan memberikan instruksi tertulis mengenai apa yang harus dilakukan oleh pasien sebelum melakukan pemeriksaan. Salah satunya tidak diperkenankan mengonsumsi makanan 6 jam sebelum jadwal pemindaian.

Selain itu, pasien juga tidak boleh melakukan aktivitas yang bisa menimbulkan ketegangan dalam kurun waktu 24 jam sebelum dilakukan pemeriksaan. Konsumsi obat-obatan tetap bisa dilanjutkan jika dokter tidak menganjurkan untuk menghentikan konsumsi obat tersebut. Untuk pasien diabetes dimungkinkan mengganti pola makan dan rutinitas.

Pemindaian ini dilakukan dengan cara memasukkan manula atau tabung kecil lewat salah satu pembuluh darah yang terdapat pada bagian punggung dan lengan. Kemudian disuntikan obat radioaktif bernama tracer atau dikenal juga sebagai pelacak lewat manula. Obat tersebut kemudian akan menyebar ke seluruh tubuh secara perlahan.

Tepat sebelum proses dilakukan, pasien akan diminta untuk mengosongkan isi kandung kemih mereka. Setelah itu pasien diminta untuk berbaring di kasur kecil tepat di dalam ruang pemindaian, posisi pasien akan diatur oleh radiografer akan tepat dan nyaman bagi pasien. Proses dimulainya pemindaian ditandai dengan kasur yang secara perlahan bergerak.

Proses ini memakan waktu selama 30 hingga 60 menit, namun hal ini juga tergantung pada bagian tubuh mana yang dipindai. Pada umumnya, pasien merasa tidak nyaman ketika proses berlangsung khususnya ketika pasien diharuskan untuk berdiam selama proses dilakukan. Tindakan yang dilakukan memang membutuhkan banyak waktu.

Proses PET Scan tidak memungkinkan adanya radiasi terutama pada tindakan sinar X dan penggunaan obat radioaktif, risiko yang ada bisa menimbulkan masalah dan memengaruhi kesehatan sangat kecil. Sementara pelacak radioaktif yang digunakan dalam jumlah sedikit langsung terurai, hal ini memastikan pasien tidak akan merasakan rasa tidak nyaman ketika proses pemindaian dilakukan.

Penyakit
Tags: 

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*