Konsumsi Pisang untuk Diare Segera Sembuh, Fakta atau Mitos?

Pisang untuk diare, apakah ini fakta atau hanya sekadar mitos, ya? Kenapa sih dianjurkan makan pisang ketika sedang diare? Ternyata ini benar adanya! Sebab, rutin makan pisang bisa membantu mempercepat proses pemulihan diare.

pisang untuk diare

Diare adalah masalah pada pencernaan yang membuat seseorang lebih sering buang air besar. Saat kondisi tubuh seperti ini, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya serat padat tapi mudah dicerna. Agar feses jadi lebih padat.

Manfaat Pisang untuk Diare

Pernah mendengar istilah makan BRAT? Pisang termasuk dalam diet BRAT yang disarankan untuk penderita diare. Perlu diketahui bahwa BRAT adalah singkatan dari banana, rice, applesauce, dan toast.

Sumber kalori utama dalam pola makan BRAT ini bersumber dari nasi dan roti. Keduanya merupakan karbohidrat sederhana tapi mudah dicerna dan menghasilkan energi. Sedangkan pisang dan apel bermanfaat untuk mengatasi diare karena bisa mengembalikan mineral tubuh, khususnya kalium yang hilang saat diare. Terlebih teksturnya yang lembek, sehingga pisang untuk diare sangat baik dikonsumsi.

Berikut manfaat pisang untuk diare yang perlu Anda tahu.

  1. Mengandung Serat Larut Air

Salah satu alasan pisang menjadi makanan yang baik dikonsumsi ketika diare adalah karena adanya kandungan pektin atau serat larut air di dalamnya. Sebab, saat mengalami diare, tubuh akan mengeluarkan  air lebih banyak dibanding yang diserap. Sehingga feses keluar lebih cair.

Dengan konsumsi pisang, kerja usus akan lebih mudah dan efisien saat proses pengolahan makanan dan feses pun menjadi lebih padat karena penyerapan air dan garam di usus besar lebih baik.

Selain itu, pektin merangsang produksi lendir di usus halus dan usus besar yang berfungsi menghalangi lapisan lambung dan zat asam lambung yang memicu perut sakit saat diare.

  1. Mengembalikan Energi Tubuh yang Hilang

Saat diare, tubuh akan kehilangan cairan, energi serta berat badan. Nah, pisang bermanfaat untuk mengembalikan energi tubuh yang hilang. Bahkan menurut studi, anak-anak yang mengalami diare akan pulih dengan memberikannya pisang raja mentah terus menerus.

  1. Mengganti Elektrolit yang Terbuang

Tubuh juga kehilangan elektrolit ketika mengalami diare. Apabila tidak diisi, maka bisa menyebabkan penderita diare menjadi dehidrasi parah. Oleh sebab itu, mengkonsumsi pisang untuk diare bisa mengganti cairan elektrolit tubuh yang terbuang bersama feses.

  1. Meningkatkan Bakteri Baik di Sistem Pencernaan

Pisang mengandung serat dan senyawa prebiotik fructooligosaccharide (FOS) yang berfungsi untuk meningkatkan bakteri baik di organ pencernaan tubuh. Bakteri baik ini akan melawan bakteri yang menyebabkan Anda mengalami diare. Bakteri baik ini juga menjadi penghasil enzim pencernaan dan vitamin di usus sehingga membantu penyerapan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. 

Cara Mengkonsumsi Pisang untuk Diare

Nah, tidak perlu khawatir, sebab mengkonsumsi pisang ketika Anda mengalami diare bisa dengan berbagai cara. Berikut cara sehat mengolah pisang untuk diare.

  • Pisang Dimakan Langsung

Cara paling mudah adalah dengan mengkonsumsi pisang secara langsung. Pisang yang masih mentah memang disebut lebih ampuh mengatasi diare. Namun, Anda juga bisa mengkonsumsi pisang yang sudah matang kok. 

  • Pisang Puree

Pisang puree ini diolah dengan cara dihaluskan. Cara membuatnya cukup mudah. Haluskan 1 buah pisang yang sudah matang, lalu, tambahkan 1 sendok teh madu dna aduk secara merata. Lebih enak dimakan dengan roti panggang. 

  • Pisang Rebus

Olahan yang satu ini juga terbilang mudah. Anda bisa merebus pisang selama 7-10 menit. Anda juga bisa membuat olahan pisang rebus untuk anak yang mengalami diare. Setelah pisang direbus, haluskan dalam mangkuk lalu tambahkan garam dan butter secukupnya, aduk merata. 

Manfaat pisang untuk diare ini bisa menjadi pilihan untuk mengatasi masalah di organ pencernaan Anda. Jika diare yang Anda alami tidak kunjung sembuh setelah mengkonsumsi pisang dan pengobatan lainnya di rumah, segeralah berkonsultasi dengan dokter agar bisa secepatnya ditangani.

Hidup Sehat Read More

Manfaat Roti Tawar, Cek Di Sini!

Mengonsumsi roti sebagai sarapan ataupun bekal untuk ke kantor atau sekolah mungkin sering Anda lakukan. Roti menjadi salah satu makan yang paling digemari tidak hanya di Indonesia, namun di beberapa negara pun menjadi menjadi makanan pokok. Namun, apakah mengonsumsi roti sehat bagi tubuh? Bisakah mengonsumsi roti menurunkan berat badan?

roti tawar

Banyak sekali pertanyaan seputar manfaat roti tawar yang sering kita dengar. Tidak hanya itu, banyak juga yang mempertanyakan manfaat dari roti tawar itu sendiri. Berikut beberapa manfaat yang terdapat dari roti tawar yang baik untuk Anda konsumsi. 

Nutrisi utama dari roti

Anda mungkin pernah mendengar manfaat potensial dari diet rendah karbohidrat dan beberapa ulasan untuk menghindari roti pada diet tersebut, akan tetapi produk roti dapat menjadi pondasi dari diet rendah lemak yang sehat. 

Pasalnya, roti tawar memberikan nutrisi yang penting dan bisa menjadi komponen yang memuaskan untuk makanan Anda. Namun, Anda perlu memilih roti gandum untuk menghindari gula tambahan atau lemak jenuh. Dan berikut nutrisi utama pada roti:

  • Kalsium. Roti tawar atau roti putih diperkaya dengan kalsium yang dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi Anda.
  • Serat. Roti merupakan sumber serat makanan penting yang dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan, serta membantu mengontrol gula darah dan kadar kolesterol yang membuat kita kenyang lebih lama. Terutama pada roti gandum. 
  • Protein. Roti merupakan sumber protein rendah lemak yang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk pertumbuhan, pembaruan dan perbaikan.
  • Zat besi. Roti putih diperkaya dengan zat besi. Zat besi penting untuk energi dan konsentrasi, sistem kekebalan tubuh yang sehat dan darah yang sehat.
  • Vitamin dan mineral lainnya. Roti mengandung berbagai macam vitamin dan mineral termasuk vitamin kelompok B tiamin (B1), Niacin (B3) dan yang terpenting untuk melepaskan energi dari makanan serta menjaga kesehatan kulit, mata dan kuku. Selain itu, roti juga mengandung asam folat yang penting untuk kehamilan dan membantu mencegah cacat tabung saraf seperti, spina bifilda. 
  • Energi. Roti termasuk rendah kalori, terutama roti gandum. Sepotong roti tawar mengandung rata-rata 77 kalori.
  • Gula. Kebanyakan roti mengandung gula yang rendah dan penting untuk kesehatan gigi dan menjaga berat badan tetap stabil. Namun untuk lebih rendah, Anda dapat mengonsumsi roti gandum. 

Manfaat roti tawar

  • Nutrisi ekstra

Seperti yang telah dijelaskan, bahwa produk roti mengandung bahan yang sehat dan bergizi. Banyak jenis roti yang mengandung kacang-kacangan atau biji-bijian yang dapat menyehatkan jantung, dan mengandung asam lemak omega-3. Roti pun ada yang mengandung buah kering, seperti kismis, ceri atau stroberi yang tinggi kalium dan serat makanan. Namun, Anda perlu berhati-hati dalam memilih roti dengan tambahan gula atau lemak yang tinggi, seperti lapisan gula, kepingan cokelat dan kayu manis. 

  • Mikronutrien

Umumnya produk roti yang dibuat dengan tepung diperkaya dengan zat besi, tiamin, riboflavin, biasin, dan folat yang tinggi. Zat besi merupakan komponen hemoglobin dalam sel darah merah yang sehat, sedangkan tiamin, niasin, dan riboflavin sangat penting untuk produksi energi dalam tubuh Anda serta folat merupakan vitamin esensial untuk kesehatan jantung. Nah, biasanya produk olahan roti dibuat dengan tepung yang tidak diperkaya dengan kandungan nutrisi tersebut. 

Manfaat roti tawar akan lebih baik jika dokonsumsi tidak setiap hari. Namun, jika Anda ingin mengonsumsi setiap hari, disarankan untuk memilih jenis roti gandum, di mana roti gandum menggunakan bahan baku yang lebih sehat dan akan memberikan manfaat yang maksimal untuk tubuh Anda. Jadi, pilih asupan makanan yang rendah kalori dan menyehatkan, ya!

Hidup Sehat Read More

5 Ciri Ciri Anak Indigo yang Perlu Diketahui Orangtua

Anak indigo merupakan sebuah keistimewaan dan kelebihan aura warna yang berbeda dan tidak dimiliki oleh anak lainnya. Menjadi seorang anak indigo sebenarnya sudah bisa sejak di dalam kandungan. Namun, biasanya, saat umur 3 tahun sudah bisa diketahui. Adapun beberapa ciri ciri anak indigo bisa dapat dipahami oleh orangtua.

ciri ciri anak indigo

Menjadi anak indigo bukanlah sebuah pilihan, melainkan sebuah takdir yang harus diterima dan dijalani dalam hidupnya. Pemeriksaan anak indigo dapat dilakukan oleh dokter spesialis anak, psikiater anak, psikolog anak, pendidik yang telah terlatih, aura imaging dan hipnografi untuk melihat kemampuan komunikasi spiritualnya.

Berikut ini ciri ciri anak indigo yang perlu diketahui oleh orangtua.

1. Tatapan mata yang lebih tajam saat melihat dimensi lain

Anak indigo atau anak nila adalah anak-anak istimewa yang memiliki kelebihan pada panca indranya dalam berkemampuan supranatural. Biasanya anak indigo memiliki tatapan mata yang lebih tajam, terutama di bagian pupil yang cenderung lebih besar daripada anak normal lainnya.

Jika diperhatikan, terdapat sedikit ruang berwarna putih dalam pupil matanya. Bahkan mereka selalu menatap lebih intens dari orang lain. Mata tajam ini membuat anak indigo dapat melihat dimensi lain yang tidak kasat mata seperti hantu dan semacamnya.

2. Susah tidur karena keistimewaannya bisa mendengar sesuatu

Bagaimana cara mendeteksi apakah si Kecil indigo atau tidak? Ya, ciri-ciri anak indigo umumnya memiliki kemampuan dalam menyikapi dunia supranatural selayaknya paranormal. Dengan keistimewaannya, anak indigo kerap kali akan merasakan susah tidur.

Hal ini dikarenakan anak indigo bisa mendengar suara-suara yang jauh letaknya dan bisa merasakan gerakan-gerakan makhluk yang tidak terlihat. Untuk mengatasinya, anak indigo harus lebih dekat dengan sang Maha Pencipta.

3. Kemampuan telepati untuk membaca pikiran orang lain

Dengan keistimewaannya, anak indigo bisa memiliki kemampuan telepati, mendapatkan pandangan, menguasai sembilan bahasa tanpa pernah belajar dan kemampuan meneliti sesuatu secara luas. Telepati merupakan kemampuan bisa membaca pikiran orang lain atau makhluk lainnya. Hal ini sering dihubungkan dengan adanya mata ketiga yang merupakan sejumlah saraf mengelilingi sebuah rongga.

Di mana saraf tersebut memiliki kemampuan untuk menambah gelombang-gelombang yang beredar di sekitarnya. Orang yang normal tidak mampu menangkap gelombang ini. Bahkan mereka juga bisa mengetahui apa yang sedang menjadi pikiran seseorang.

4. Memiliki emosi yang berubah-ubah dan lebih sensitif

Sebagian besar anak indigo memiliki karakter yang mungkin terdengar ekstrem. Misalnya dia mudah marah, berwatak keras kepala, memiliki energi berlebih dan selalu ingin diperlakukan adil menurut versinya.

Bahkan anak indigo memiliki empati yang tinggi karena kepekaannya terhadap lingkungan sekitar, membuat dirinya bersemangat untuk dapat berperan dalam merubah suatu keadaan. Karakter tersebut membuat mereka lebih sensitif dan emosinya pun tidak terkontrol, yaitu cenderung berubah-ubah.

Hal ini dikarenakan mereka sering bersinggungan dengan dunia dimensi lain atau supranatural. Ketika dalam bersinggugan dengan dimensi lain, biasanya akan meninggalkan semacam kenangan atau sisa-sisa yang tertinggal di dalam tubuh anak indigo.

5. Memiliki jiwa yang sudah dewasa dan bisa menganalisis suatu masalah

Terakhir, anak indigo cenderung memiliki jiwa yang lebih dewasa dari anak seusianya. Terutama dalam keseharian mereka. Kebanyakan dari anak indigo bisa memahami kemampuan berpikir dan memahami karakter seseorang.

Pertumbuhan jiwanya ini sudah dibentuk saat masih bayi, sehingga anak indigo mampu menganalisis segala permasalahan yang dialami oleh seseorang dan bahkan mampu memberikan solusi.

Demikian ciri ciri anak indigo yang perlu diketahui. Perlu diingat bahwa indigo ini bukanlah suatu penyakit. Hanya, anak-anak indigo ini harus mendapatkan pendidikan khusus.

Hidup Sehat Read More

Apa Saja Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan Jantung?

manfaat teh hijau

Teh hijau atau Camellia sinensis memang menjadi minuman primadona akhir-akhir ini. Tak hanya minuman, bahkan banyak pula hasil olahan teh hijau yang sudah tersedia dalam bentuk makanan dan cemilan. Segudang khasiat teh hijau untuk kesehatan membuatnya sering diburu orang-orang untuk dikonsumsi. Salah satu manfaat teh hijau yaitu baik untuk memelihara kesehatan jantung.  

Mengapa teh hijau penting untuk kesehatan jantung?

Kesehatan jantung perlu diperhatikan karena tingginya kemungkinan seseorang bisa terserang penyakit jantung. Pada tahun 2013 saja, hampir sebanyak 900.000 orang Indonesia didiagnosis menderita penyakit jantung koroner. Fakta mengerikan lainnya adalah, kematian akibat penyakit ini diprediksi akan meningkat pada tahun-tahun berikutnya.  

Berbagai cara dapat dilakukan sebagai upaya pencegahan terjadinya penyakit jantung. Menjaga kesehatan jantung bisa dibantu lewat konsumsi teh hijau karena kandungan gizi di dalamnya membantu mengontrol kondisi-kondisi yang tidak diinginkan. 

  1. Membantu mengurangi inflamasi

Senyawa katekin yang memberikan efek antioksidan dalam teh hijau memiliki peran besar dalam mengatur kondisi ketidaknormalan darah serta inflamasi pembuluh darah. Kondisi inflamasi pada pembuluh darah (vaskulitis) menjadi salah satu bukti bahwa jantung dalam keadaan tidak baik.  

  1. Membantu mengatasi kondisi dislipidemia

Dislipidemia atau disebut juga kelainan metabolisme lipid di dalam darah meliputi beberapa kondisi diantaranya meningkatnya kolesterol total, trigliserida, dan kadar LDL, serta menurunnya kadar HDL dalam darah. Keempat kondisi tersebut umum terjadi pada penderita penyakit jantung koroner. 

Lagi-lagi kandungan katekin dalam teh hijau sebagai zat yang berkhasiat membantu mengatasi kondisi dislipidemia. Apabila teh hijau dikonsumsi secara rutin dan Anda menjalankan pola hidup sehat lainnya, kondisi dislipidemia ini mampu dihindari sebisa mungkin.

  1. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi

Sebuah penelitian menunjukkan, risiko seseorang terkena darah tinggi akan berkurang sebanyak 65% jika mengonsumsi minuman teh hijau lebih dari 600 mL atau sekitar 3 gelas sedang dalam satu hari. Kebiasaan tersebut paling tidak dilakukan selama satu tahun agar hasil lebih optimal. 

Interaksi teh hijau dengan konsumsi obat dan makanan

Pernahkan Anda mendengar ketentuan agar sebaiknya tidak menggunakan air teh saat minum obat? Jika pernah, maka hal tersebut lebih disarankan karena kemungkinan obat tidak bekerja secara optimal saat bertemu dengan kafein pada teh hijau. Berikut beberapa obat yang sebaiknya dihindari bersamaan dengan konsumsi teh hijau.

  • Obat penurun tekanan darah
  • Obat pengencer darah
  • Antibiotik
  • Obat depresi
  • Pil kontrasepsi
  • Ephedrine
  • Phenylpropanolamine

Rekomendasi jarak konsumsi obat sekitar 3-4 jam sebelum atau sesudah mengonsumsi teh hijau. Selain itu, makanan dengan kandungan sumber zat besi, seperti daging kambing dan sapi juga tidak disarankan dikonsumsi bersamaan dengan teh hijau. Kafein pada teh hijau memiliki sifat inhibitor terhadap kandungan zat besi dalam daging.

Cara merawat kesehatan jantung

Selain menggunakan manfaat teh hijau untuk merawat kesehatan jantung, ada lagi cara lain yang bisa Anda lakukan diantaranya dengan melakukan aktivitas fisik dan membatasi konsumsi makanan tinggi kolesterol.

Menurut Kementrian Kesehatan RI, aktivitas fisik selama 150 menit per minggu atau sebanyak 30 menit selama 5 kali dalam seminggu baik untuk kesehatan jantung. Anda harus membedakan aktivitas fisik dan olahraga, aktivitas fisik merupakan aktivitas yang memicu kegiatan fisik seperti jalan kaki, menyapu, bersih-bersih rumah, dan kegiatan sejenis lainnya.

Jika Anda memiliki kolesterol tinggi sehingga memicu terjadinya penyakit jantung, batasi konsumsi fast food,  olahan hati sapi, daging berlemak tinggi, udang kaleng, telur, daging babi, keju, dan butter. Makanan-makanan tersebut memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi.

Manfaat teh hijau untuk merawat kesehatan jantung memiliki efek yang berbeda-beda setiap orang. Konsumsi teh hijau hanyalah sebagai tindakan pencegahan dan tidak bisa dijadikan solusi utama terhadap permasalahan penyakit jantung, Konsultasi dengan dokter ahli merupakan cara terbaik terhadap penyembuhan penyakit jantung. 

Hidup Sehat Read More

Apakah Anda Alergi Deterjen? Lakukan Hal Ini

Alergi deterjen sering kali terjadi pada beberapa orang, terlebih lagi jika orang tersebut sering kali terpapar deterjen dalam waktu yang cukup sering dan terus menerus. Namun, tidak sedikit pula orang yang menggunakan produk deterjen secara terus menerrus namun tidak mengalami gejala alergi apapun.

alergi deterjen

Gejala alergi dapat muncul saat kulit kontak langsung dengan deterjen. Hal ini tentu membuat seseorang tidak nyaman akan gejal ayang muncul, bahkan tidak jarang gejala tersebut minumbulkan rasa panas pada kulit. Berikut beberapa gejala akibat deterjen.

Gejala yang sering kali muncul disebabkan oleh bahan kimiawi yang terdapat pada deterjen. Pada beberapa orang gejala yang muncul akan biasa saja, namun ada pula yang mengalaminya hingga parah, seperti:

  • Gatal, bisa berkembang menjadi lebih parah
  • Menimbulkan ruam atau benjolan di kulit
  • Kemerahan
  • Mengeluarkan cairan atau melepuh
  • Kulit kering, pecah-pecah atau bersisik
  • Kulit seperti terbakar
  • Pembengkakan

Deterjen mengandung banyak sekali bahan kimia yang beberapa diantaranya dapat menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang. Menurut American Academy of Dermatology, wewangian, pewarna dan bahan pengawet adalah beberapa produk yang sering kali menimbulkan reaksi alergi pada kulit.

Jika Anda mengalami alergi, salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah mengganti atau tidak menggunakan deterjen tersebut. Beberapa cara berikut bisa Anda lakukan untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan akibat deterjen saat mencuci pakaian.

  • Bilas sebelum terkena kulit

Saat Anda mencuci dan sebelum pakaian dikeluarkan dari mesin cuci, ada baiknya untuk melakukan pembilasan tambahan. Hal ini untuk memastikan tidak adanya bekas atau sisa deterjen yang masih tertinggal pada pakaian. Dengan begitu diharapkan dapat meminimalisir alergi deterjen pada diri Anda.

  • Gunakan baking powder

Hal lain yang bisa Anda gunakan untuk meminimalisir gejala yang muncul akibat alergi pada deterjen adalah dengan menggunakan baking powder pada cucian Anda. Mencampur sedikit baking powder pada cucian Anda dapat mengurangi bahan kimia pada deterjen yang bisa membuat alergi. Jangan lupa juga untuk me;akukan pembilasan tambahan untuk berjaga-jaga.

  • Gunakan deterjen lebih sedikit

Menggunakan deterjen lebih sedikit atau seminimal mungkin untuk pakaian yang Anda cuci adalah salah satu strategi lain untuk menghindari alergi munncul pada diri Anda. Jadi, oleskan atau tuangkan sedikit saja deterjen pada pakaian. Jika pakaian tidak tterlalu kotor, deterjen yang sedikit tadi cukup untuk membersihkan noda pada pakaian.

Selain itu, Anda pun dapat menggunakan suhu yang panas pada mesin cuci atau menggunakan air hangat (jangan terlalu panas) untuk membersihkan pakaian Anda.

  • Gunakan deterjen untuk kulit sensitif

Cara paling ampuh untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan alergi deterjen pada kulit Anda adalah dengan mengganti deterjen untuk kulit sensitif. Bagi mereka yang memiliki kulit super sensitif, terkena deterjen atau pewangi dapar membuatnya amat sangat tidak nyaman.

Saat ini telah banyak beredar di pasaran deterjen atau pewangi pakaian yang aman untuk kulit sensitif. Saat Anda mencari deterjen untuk kulit sensitif, carilah deterjen yang bbebas pewarna dan parfum yang berlabel aman untuk kulit sensitif. Alergi deterjen dapat terjadi pada siapa saja, termasuk Anda. Umumnya gejala yang muncul hanya berupa gatal ataupun kemerahan saja. Namun, jika gejala bertambah parah dan sangat mengganggu Anda ada baiknya untuk segera menemui dokter untuk mendapatkan perawatan.

Hidup Sehat Read More

Berapa Lama Durasi Tidur Siang Ideal untuk Kesehatan?

Sebagian dari Anda mungkin sering tidur siang saat tubuh merasa lelah di tengah hari. Setiap orang memiliki waktu tidur siang yang berbeda-beda, mulai dari sepuluh menit hingga satu jam. Lantas, sebenarnya berapa lamakah durasi tidur siang yang ideal untuk kesehatan?

tidur siang

Tidur siang merupakan cara yang tepat bagi Anda untuk kembali mengumpulkan energi dan melanjutkan aktivitas. Setelah tidur siang, biasanya energi Anda akan terkumpul kembali. Meski begitu, Anda harus berhati-hati dalam menentukan waktu tidur siang yang tepat bagi diri Anda.

Berapa lama durasi tidur siang yang ideal?

Sebenarnya, durasi tidur siang yang ideal berbeda-beda pada setiap orang. Hal tersebut dipengaruhi oleh faktor usia serta siklus tidur seseorang. Karena itu, tidur siang yang baik adalah tidur siang yang tidak melebihi siklus tidur.

Idealnya, waktu tidur siang tidak lebih dari 20 menit. Secara khusus, durasi ini tepat untuk tidur siang yang dilakukan pada siang menjelang sore hari.

Menurut penelitian, tidur siang selama 20 menit di siang hari memungkinkan tubuh untuk beristirahat lebih dalam. Sementara, jika tidur siang Anda lakukan terlalu cepat, misalnya pada pagi menjelang siang, waktu istirahat yang terkumpul justru lebih sedikit.

Pada dasarnya, tubuh akan menjadi lelah kurang lebih 8 jam setelah bangun pagi. Waktu itulah yang tepat untuk mulai melakukan tidur siang.

Meski durasi tidur siang yang direkomendasikan adalah 20 menit, beberapa orang mungkin memerlukan waktu tidur siang hingga 45 menit atau bahkan satu jam. Hal ini tergantung pada durasi tidur Anda saat malam hari. Idealnya, Anda memiliki siklus tidur 7 jam di malam hari dan tidak lebih dari 30 menit di siang hari.

Mengapa durasi tidur siang dibatasi?

Batas waktu tidur siang sebenarnya dipengaruhi oleh siklus tidur Anda di malam hari. Saat tidur di malam hari, otak Anda secara otomatis bergerak melalui berbagai tahapan. Tahapan ini akan menyebabkan gelombang otak yang berbeda dan melepaskan hormon tertentu ke aliran darah.

Satu siklus tidur terdiri atas empat tahap. Di malam hari, Anda akan melewati siklus tidur selama beberapa kali. Pada sebagian orang, seluruh empat tahap akan terjadi pada menit ke 90-110. Setelahnya, Anda akan kembali pada tahap pertama dan mengulang siklus.

Sebaiknya, tidur siang tidak melalui seluruh empat tahap tersebut. Karena itu, waktu tidur siang sebaiknya tidak lebih dari 90 menit.

Menurut penelitian, jika Anda terbangun dari tidur siang setelah melewati tahap 1 dan 2, Anda lebih mungkin untuk merasa berenergi dan kembali semangat untuk melanjutkan aktivitas. Akan tetapi, jika tidur siang Anda sudah memasuki tahap tiga dan empat, Anda akan lebih mudah merasa pusing dan semakin lelah.

Manfaat tidur siang bagi kesehatan

Ada banyak manfaat dari tidur siang bagi kesehatan tubuh Anda, terlebih jika dilakukan dalam durasi tidur siang yang ideal. Beberapa manfaatnya antara lain:

  • Memperbaiki suasana hati. Tidur siang meningkatkan energi Anda sehingga mampu melakukan aktivitas dengan perasaan positif dan memiliki toleransi terhadap hal-hal yang memicu frustasi.
  • Meningkatkan kemampuan belajar. Menurut penelitian, tidur siang dapat meningkatkan fokus dan memori, sehingga informasi baru bisa disimpan bahkan ditingkatkan.
  • Menurunkan tekanan darah. Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur siang dapat menurunkan kadar tekanan darah, bahkan menurunkan resiko terkena serangan jantung hingga 10%.

Selama dilakukan dengan benar dan pada durasi tidur siang yang ideal, tidur siang Anda akan memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Jika Anda sulit bangun dari tidur siagn setelah 20 menit, cobalah untuk menggunakan alarm agar bisa terbangun.

Hidup Sehat Read More

Risiko dan Manfaat Lari Jarak Jauh yang Perlu Anda Perhatikan

Apakah Anda merupakan salah satu orang yang rajin berolahraga lari jarak jauh di akhir pekan? Atau bahkan Anda sering berpartisipasi dalam perlombaan lari jarak jauh? Jika iya, maka informasi ini perlu untuk Anda simak, karena akan berhubungan dengan risiko lari jarak jauh yang seringkali Anda lakukan.

lari jarak jauh

Sebagaimana jenis olahraga lain, lari jarak jauh memiliki manfaatnya tersendiri. Termasuk dalam kategori lari jarak jauh, maraton yang biasanya dilakukan sepanjang 42 kilometer ini tergolong sebagai olahraga berat. Banyak orang mengincar manfaat dari jenis olahraga lari jarak jauh ini. Apa saja manfaatnya?

  • Mencegah stres berlebih

Dengan melakukan lari maraton secara rutin, manfaat lari jarak jauh yang Anda akan dapat, yaitu berkurangnya stres yang Anda alami. Kegiatan fisik yang Anda lakukan ketika berlari, mendorong produksi hormon endorfin yang dikenal dapat sering dikaitkan dengan perasaan bahagia dan dapat menangkal stres.

  • Mengoptimalkan pembentukan otot

Dengan melakukan maraton, Anda membuat seluruh anggota tubuh Anda bekerja aktif. Kondisi ini akan berpengaruh terhadap pembentukan tubuh, khususnya otot, yang akan menjadi lebih kencang dan dapat memberikan tampilan tubuh yang lebih ramping.

  • Mempercepat pembakaran kalori dalam tubuh

Dengan melakukan lari jarak jauh, tubuh akan lebih aktif membakar kalori. Tidak heran jika banyak orang mengincar manfaat dari mengikuti maraton untuk membantu mereka dalam menurunkan berat badan.

  • Membantu mendapatkan tidur lebih nyenyak

Setelah Anda melakukan lari jarak jauh, tubuh akan merasa sangat kelelahan. Kondisi ini akan membuat Anda lebih cepat mengantuk dan akan membantu Anda untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Ketika tidur, tubuh akan sibuk melakukan perbaikan sel-sel tubuh, dengan begitu Anda akan mendapatkan tidur berkualitas tanpa khawatir terganggu dengkuran atau mendapat gangguan tidur lain.

  • Mengoptimalkan kondisi kesehatan tubuh

Lari jarak jauh tidak hanya bermanfaat bagi otot kaki Anda, namun juga berpengaruh positif terhadap sistem kardio tubuh. Ketika Anda sedang berlari, jantung akan menjadi kuat karena mendapatkan kapasitas aerobik oksigen yang lebih tinggi, sehingga dapat secara otomatis meningkatkan fungsi kerja jantung. Selain itu, tekanan darah dan kolesterol pun dapat terjaga.

Tanpa Anda sadari, lari jarak jauh juga memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Dengan melakukan lari jarak jauh, tubuh akan dipaksa untuk melewati batasan kemampuannya, sehingga otot akan beradaptasi menyesuaikan kondisi dengan menyimpan glikogen dan juga membantu energi baru untuk tubuh pada otot.

Risiko lari jarak jauh yang perlu Anda waspadai

Meskipun lari jarak jauh dapat memberikan Anda banyak manfaat, namun di balik manfaat tersebut, terdapat risiko kesehatan yang juga perlu Anda pertimbangkan.

  • Rawan dehidrasi

Risiko pertama yang perlu Anda waspadai yaitu kondisi dehidrasi berlebih. Aktivitas lari jarak jauh mengakibatkan Anda kekurangan cairan dalam jumlah yang cukup banyak. Selain itu, udara panas dan lembab juga menjadi pemicu kondisi dehidrasi yang rawan menyerang pelari.

  • Meningkatkan risiko penyakit jantung

Telah disebutkan bahwa lari jarak jauh dapat bermanfaat bagi jantung. Namun, ternyata hal ini juga dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung, seperti lepasnya bekuan darah atau yang dalam dunia medis dikenal dengan cardio load. Kondisi ini dipicu akibat adanya beban berlebih pada jantung selama kegiatan berlari.

  • Mengganggu sistem kekebalan tubuh

Lari jarak jauh ternyata dapat berisiko merusak sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, ketika hormon kortisol dilepas untuk mengurangi kondisi peradangan, sistem imunitas Anda menjadi terganggu.

Hidup Sehat Read More

Mengenal Posisi Woman On Top dan Manfaatnya untuk Kehamilan

Dalam berhubungan seks, ada berbagai macam gaya yang bisa dilakukan untuk mencapai orgasme. Di antara berbagai macam gaya yang ada, woman on top menjadi salah satu posisi seks yang cukup populer.

Woman on top merupakan posisi seks saat wanita memegang kendali dan mengatur kecepatan penetrasinya. Posisi ini memungkinkan wanita untuk menjadi lebih dominan di atas ranjang. Sama seperti posisi seks lainnya, posisi ini juga bisa memberikan kenikmatan tersendiri.  

Mengenal posisi woman on top

Sesuai dengan namanya, posisi woman on top adalah posisi saat wanita berada di atas layaknya mengendarai seekor kuda. Ada berbagai jenis variasi gaya untuk posisi ini, mulai dari cowgirl, reverse cowgirl, golden arch, dan lain sebagainya.

Posisi woman on top menjadi salah satu posisi seks yang disukai oleh banyak wanita. Bagi wanita, posisi ini memberikan kesempatan untuk memegang kendali saat berhubungan seks dengan pasangan. Mereka bisa mengontrol penetrasi sesuai dengan kecepatan yang diinginkan.

Meski begitu, posisi ini tidak hanya disukai oleh wanita, tetapi juga oleh pria. Posisi ini memungkinkan pria untuk lebih santai, tidak melakukan banyak gerakan, tetapi tetap bisa mencapai orgasme. Sebagian besar pria hanya menggunakan tangan mereka untuk mendukung gerakan pada posisi ini.

Selain itu, pada posisi ini, pria juga mendapat kesempatan untuk melihat seluruh bagian tubuh wanita dari depan secara jelas. Hal ini menjadi nilai tambah bagi pria ketika melakukan posisi woman on top.

Posisi woman on top untuk kehamilan

Banyak orang berprasangka bahwa posisi seks tertentu dapat meningkatkan potensi kehamilan. Namun, sebenarnya belum ada penelitian dari para ahli yang bisa membuktikan hal ini.

Untuk bisa meningkatkan potensi kehamilan, berhubungan seks sebaiknya lebih banyak dilakukan pada hari-hari di sekitar siklus ovulasi. Dengan begitu, pria bisa mendapatkan kesempatan pada masa di luar siklus ovulasi untuk mengisi ulang jumlah sperma mereka.

Ketika mencoba untuk hamil, Anda dan pasangan bisa mencoba melakukan berbagai posisi seks, termasuk woman on top, ketika sedang berhubungan. Meski posisi tertentu tidak menjamin kemungkinan potensi kehamilan, Anda tetap bisa memanfaatkan berbagai posisi seks tersebut untuk mencapai orgasme dengan lebih maksimal.

Posisi woman on top merupakan salah satu posisi yang memungkinkan penetrasi yang dalam. Artinya, ada kemungkinan yang lebih besar bagi sperma untuk langsung masuk tepat di area pembukaan rahim. Hal ini bisa menjadi faktor yang bisa meningkatkan potensi kehamilan Anda.

Akan tetapi, kemungkinan ini juga harus didukung dengan potensi sperma dari pasangan. Penting bagi Anda dan pasangan untuk melakukan jeda selama beberapa waktu dari berhubungan seks. Jeda ini akan memberikan waktu bagi pria untuk mengisi ulang jumlah sperma dan menjadi lebih optimal saat melakukan hubungan seks kembali.

Beberapa orang menduga bahwa posisi woman on top lebih memungkinkan untuk mengandung bayi perempuan. Namun, hal ini belum terbukti kebenarannya melalui penelitian.

Anda bisa juga mencoba posisi woman on top bersama pasangan dengan berbagai variasi. Mencoba berbagai variasi posisi seks bisa mendukung orgasme dan memberikan kenikmatan sekaligus meningkatkan peluang untuk hamil. Tentunya, kemungkinan untuk mengandung lebih tinggi apabila Anda melakukan hubungan seks hingga orgasme.

Melakukan posisi woman on top bisa memberikan berbagai kelebihan bagi Anda dan pasangan saat berhubungan seks. Selain merasakan berbagai variasi baru, Anda juga bisa meningkatkan peluang untuk mengandung bayi.

Hidup Sehat Read More

5 Rekomendasi Minyak Peppermint Terbaik

Salah satu kegunaan daun peppermint yang paling terkenal adalah untuk penyegar mulut dan mencegah bau napas yang tidak sedap. Tak heran banyak produk pasta gigi, permen karet dan obat kumur menggunakan bahan ini. Namun, di balik itu banyak manfaat tersembunyi yang dimiliki dalam bentuk minyak peppermint, terutama untuk kesehatan.

Segudang manfaat yang dimiliki bahan ini bisa dipakai untuk menyehatkan tubuh, baik itu dibuat dalam bentuk daun segar, suplemen hingga minyak esensial. Peppermint memang diketahui merupakan salah satu bahan alami yang bisa dimanfaatkan dengan baik untuk kesehatan dan juga menjaga kebugaran tubuh.

Minyak Peppermint Terbaik

  • Customessentialoil

Salah satu keunggulan minyak ini adalah cocok untuk kantong dengan budget terbatas, minyak ini merupakan produk dari Happy Green. Harga yang sangat terjangkau menjadikan minyak jenis ini pilihan terbaik. Dibuat dengan kandungan 100 persen bahan alami dan memiliki sertifikat cosmetic grade, bisa langsung dipakai ke bagian tubuh.

Manfaat minyak ini bisa untuk mengatasi hidup tersumbat akibat flu hingga meredakan sakit kepala, selain itu minyak ini bisa diteteskan ke sikat gigi saat akan membersihkan gigi untuk mencegah gigi berlubang.

  • Essenzo Peppermint

Produk yang satu ini sangat ampuh untuk mengatasi permasalahan gigi, campurkan dengan clove bud essential oil dan air, lalu gunakan bahan campuran ini sebagai obat kumur. Selain untuk mengatasi masalah gigi, produk ini juga sangat efektif untuk mengaasi sakit kepala, migrain, flu, sunuitis dan meredakan alergi.

Manfaat lain minyak essential peppermint ini adalah untuk mengatasi permasalahan perut, seperti misalnya untuk mengurangi mual, kembung dan gangguan lambung. Selain itu, minyak ini bisa untuk menjaga kesegaran ruangan di dalam rumah.

  • Nusaroma Peppermint

Produk yang satu ini sangat cocok digunakan pekerja kantoran yang mengharuskan mereka memakai sepatu sepanjang hari, seperti menggunakan pantovel atau heels. Selain menyergarkan kaki, produk ini memiliki kandungan yang berisfat antijamur. Ketika dipakai akan menimbulkan efek dingin dan segar dengan aroma menenangkan.

  • Young Living Peppermint

Sensasi sejuk dan dingin hingga menenangkan kulit akan langsung terasa begitu minyak ini dipakaikan ke kulit. Cocok juga ketika digunakan untuk memijat, minyak ini sangat direkomendasikan bagi seseorang dengan aktivitas olahraga yang berat. Aroma fresh dan peppermint yang langsung tercium mampu meningkatkan fokus sehingga aktivitas lebih produktif.

  • Doterra Peppermint

Produk yang satu ini merupakan jenis minyak yang paling dan sangat direkomendasikan untuk digunakan, karena kandungan mentol yang tinggi serta formula yang memungkinan minyakini dikonsumsi secara internal. Minyak ini bisa dicampurkan ke dalam air minum untuk mengatasi permasalahan fungsi pencernaan.

Aroma menyergarkan, minty dan herbal membuat produk ini sangat ampuh menghalau serangga ketika disemprotkan ke salah satu sudut ruangan di rumah. Selain itu, produk ini juga bisa untuk mengatasi permasalahan bau mulut dengan cara digunakan untuk berkumur menggunakan air.

Minyak peppermint murni yang digunakan dengan cara dioleskan atau untuk pijat di kulit harus dites terlebih dahulu. Tes ini bertujuan apakah seseorang tersebut memiliki alergi kulit terhadap minyak esensial dengan kandungan ini, cara yang harus dilakukan tidak sulit dan sangat mudah. Yakni hanya dengan mengoleskan sedikit minyak ke tangan atau daerah belakang telinga.

Setelah itu, tunggu selama 1×24 jam dan perhatikan apakah timbul reaksi pada kulit setelah diberikan minyak esensial peppermint. Jika tidak, minyak tersebut bisa digunakan untuk kebutuhan kesehatan, namun jika timbul alergi sebaiknya tidak perlu memaksakan untuk memakai minyak berbahan peppermint ini.

Hidup Sehat Read More

Ada Bahaya Mengintai di Balik Kesegaran Minuman Isotonik

Tergantung usia, jenis kelamin, dan aktivitas yang dijalani, rata-rata orang dewasa membutuhkan 2-3 liter air setiap harinya. Tidak sedikit juga orang yang memilih untuk mengonsumsi minuman isotonik sebagai pereda dahaga dan pengganti cairan tubuh.

Bagi atlet dengan latihan yang sangat intensif, minuman isotonik dapat sangat bermanfaat. Namun, bila aktivitas berat yang Anda lakukan masih di bawah satu jam, mengonsumsi air putih saja sudah cukup untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

Di dalam minuman isotonik terdapat elektrolit, seperti sodium dan potasium, begitu juga dengan karbohidrat dan segala turunannya, seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Rata-rata, terdapat 6-8% karbohidrat di dalam minuman isotonik.

Komponen-komponen selain air tersebut, dibutuhkan oleh tubuh untuk mengganti elektrolit yang hilang selama beraktivitas berat. Namun, perlu diingat, bahwa tidak semua orang membutuhkannya, bahkan minuman ini ternyata tidak aman bagi semua orang.

Waspada bahaya minuman isotonik

Mungkin ada kondisi tertentu di mana Anda membutuhkan minuman isotonik. Anda perlu mengetahuinya dengan baik, sebab jika berlebihan, minuman ini justru dapat memberikan dampak buruk bagi tubuh.

Faktor-faktor di bawah ini dapat menjadi pertimbangan Anda.

Hanya untuk orang tertentu

Minuman isotonik bermanfaat bagi atlet yang aktivitasnya berat, namun kurang tepat dikonsumsi oleh mereka dengan aktivitas yang hanya mengeluarkan sedikit keringat. Oleh sebab itu, Anda perlu mengenali aktivitas fisik yang biasa dilakukan, termasuk durasi dan intensitasnya.

Sebagai contoh, bila aktivitas fisik Anda berupa jalan kaki dengan durasi kurang dari 1 jam, maka Anda tidak membutuhkan minuman isotonik. Latihan angkat beban juga tidak membutuhkan minuman yang mengandung elektrolit dan karbohidrat, sebab jenis olahraga ini tidak banyak menurunkan cadangan karbohidrat di dalam tubuh. Anda perlu menyesuaikan asupan cairan dengan jumlah keringat yang dikeluarkan.

Berat badan naik

Anda perlu waspada, minuman isotonik dapat meningkatkan berat badan loh. Terlebih bagi Anda yang berolahraga dengan tujuan menurunkan berat badan. Jangan sampai efek yang diperoleh justru sebaliknya karena Anda selalu konsumsi jenis minuman ini setiap selesai berolahraga.

Meski bukan makanan berat, minuman isotonik dapat menjadi sumber kalori yang menambah berat badan.

Mengandung gula dalam kadar tinggi

Seperti diketahui, konsumsi gula berlebih dapat memicu berbagai masalah kesehatan, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan penambahan berat badan. Sementara, beberapa minuman isotonik dapat mengandung 8 sendok teh gula per 250 ml cairannya, sudah setara dengan minuman bersoda.

Memang benar, di dalam minuman isotonik terdapat komponen lain yang dibutuhkan tubuh, mineral misalnya, namun jumlah gula yang tinggi juga tidak boleh diabaikan.

Menimbulkan masalah pada gigi

Masih berhubungan dengan kadar gulanya yang tinggi, ditambah dengan kandungan sodium, yang dapat melekat pada gigi dan menyebabkan enamel gigi menjadi tipis.

Orang yang sering mengonsumsi minuman isotonik juga memiliki kecenderungan minum air putih lebih sedikit. Akibatnya, produksi air liur kurang optimal. Air liur ini dibutuhkan untuk membilas zat yang melekat pada enamel serta melindungi gigi.

Perlu diingat, minuman isotonik 30 kali lipat lebih berisiko bagi kesehatan gigi dibanding air.

Terdapat bahan pengawet di dalamnya

Beberapa orang cukup sensitif terhadap bahan pengawet. Oleh sebab itu, konsumsi minuman isotonik yang berbahan pengawet dalam jangka waktu yang panjang dapat membahayakan.

Ada penelitian yang menunjukkan, kaitan antara asupan pengawet dalam jangka panjang dengan potensi kanker.

Hidup Sehat Read More