Ingin Diet Yang Menyenangkan? Ini Dia Tipsnya!

tips diet yang menyenangkan

Hampir semua orang beranggapan bahwa menjaga asupan dan pola makan saat ini bukanlah hal yang mudah. Godaan berbagai menu makanan siap saji yang menawarkan asupan lezat dan praktis kerap kali membuat kita kesulitan untuk bertahan dalam menjaga diet. Dengan kata lain, diet menjadi identik dengan makanan yang tidak enak, hambar, dan monoton. Kenyataannya, ada banyak orang yang berhasil menjalani diet dengan asupan sehat dan lezat tanpa harus kehilangan kebahagiaan melalui makanan. Simak tipsnya berikut ini!

1. Buat Jadwal Makan Fast Food
Tidak bisa dipungkiri, menu-menu makanan cepat saji memang sudah sangat melekat di lidah orang-orang masa kini. Tidak heran menghapus fast food dalam pilihan makanan sehari-hari akan sangat sulit untuk dilakukan. Namun, cobalah untuk membuat jadwal khusus makan fast food. Anda dapat memulainya dengan menjadwalkan seminggu sekali, kemudian diubah perlahan menjadi dua minggu sekali, hingga akhirnya menjadi sebulan sekali.


2. Batasi Minuman Manis
Minuman soda sudah menjadi salah satu bagian dari gaya hidup masyarakat masa kini. Padahal, kandungan gula yang tinggi sangat berisiko mengancam kesehatan tubuh, khususnya di masa depan. Jika Anda belum bisa menghindari asupannya, cobalah untuk membatasi dengan hanya meminum 1 gelas sehari. Sama seperti membuat jadwal makan fast food, perlahan Anda dapat mengurangi intensitas minum minuman manis menjadi 1 gelas seminggu.

3. Pizza Di Akhir Pekan

Tidak hanya menjadwal asupan fast food, Anda juga perlu untuk lebih kritis dalam mencari jenis fast food yang Anda makan. Hindari terlalu banyak gorengan dan pilihlah pizza yang lengkap dengan daging dan sayuran sebagai toppingnya. Anda juga bisa mencari fast food yang menawarkan menu salad sebagai makanan pendamping untuk mengimbangi lemak tinggi dalam gorengan.

4. Perbanyak Asupan Protein

Perhatikan komposisi gizi yang Anda konsumsi setiap harinya. Upayakan untuk menjaganya tetap seimbang dan kurangi asupan karbohidrat seperti nasi yang terlalu banyak. Sebagai gantinya, tambah asupanmu dengan berbagai lauk kaya protein seperti telur, daging, dan kacang-kacangan.

5. Jangan Lewatkan Serat dalam Menu Sarapanmu
Carol Ann Brannon, seorang ahli terapi nutrisi di Georgia, menyatakan bahwa setidaknya dalam satu menu sarapan harus ada 3 gram serat. Pasalnya, asupan serat cukup penting untuk memperlancar kerja pencernaan dan penyerapan nutrisi dalam tubuh.

6. Lengkapi dengan Sayur dan Buah
Diet bukan selalu tentang menahan dan mengurangi porsi makan. Anda dapat memperbaiki asupan makanan dengan mengimbangi nutrisi di dalamnya. Salah satu yang kerap terlupakan adalah sayur dan buah yang memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh.

7. Perbanyak Minum Air Putih

Anda pasti sudah sering mendengar beragam manfaat dari banyak minum air putih. Asupan cairan tubuh ini sangat penting untuk kesehatan tubuh. Bahkan, memperbanyak asupan air putih juga penting dalam memperoleh tubuh yang langsing ideal. Dalam hal ini, air putih memiliki peran dalam proses pembuangan sisa-sisa makanan dan minuman melalui keringat, urine, dan kotoran. Dengan begitu, tidak ada lagi lemak dan sisa makanan yang menumpuk di tubuh.

Itulah beberapa tips untuk diet yang simpel dan menyenangkan. Menjaga asupan dan pola makan memang dapat membantumu memperoleh tubuh yang ideal. Akan tetapi, ada baiknya untuk menjadikan hidup yang sehat sebagai tujuan dari diet yang Anda lakukan. Dengan begitu diet tidak akan lagi menyiksa untuk dilakukan. Jangan lupa pula untuk mengimbangi dietmu dengan beragam aktivitas rutin seperti olahraga dan latihan-latihan ringan.

Hidup Sehat Read More

Mengenal Mendiang Ainun Habibie, Pendiri Bank Mata di Indonesia

pendiri bank mata di indonesia

Setelah lima tahun pandangannya kabur karena digerogoti katarak, Mat Soleh akhirnya bisa melihat kembali. Usai menjalani dua kali operasi katarak, kakek 71 tahun asal Citeureup, Kota Bogor ini menghaturkan doanya kepada Ainun Habibie. “Saya sangat bersyukur dapat melihat kembali setelah dioperasi gratis dua kali. Saya tau ini punya Ibu Ainun Habibie. Setiap salat saya selalu mendoakan ibu agar arwahnya tenang di sana,” katanya di Gedung P4K (Pusat Pengkajian dan Pengembangan Penyantun Kebutaan), Jalan Semeru, Kota Bogor.

Mat Soleh tidak sendirian. Hari itu, ada 27 warga yang mendapat pelayanan operasi katarak gratis di Bank Mata Bogor. “Sebelu tau ada Bank Mata, saya disarankan membawa nenek saya operasi di rumah sakit dengan biaya Rp 7 juta,” kata Nining, warga Batu Tulis, Kota Bogor.

Lahir dengan nama Hasri Ainun Besari di Semarang pada 11 Agustus 1937, Ainun Habibie merupakan istri Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie–menjabat 1998-1999. Mereka menikah pada 1962. Saat itu Ainun telah lulus Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan bekerja di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Kisah cinta mereka menjadi bagian dari budaya pop Indonesia setelah buku memoar dan filmnya meledak di pasaran.

Selepas tugas sebagai Ibu Negara, Ainun kembali ke dunia kesehatan. Dia menjadi Ketua Bank Mata Indonesia.  “Beliau ingin agar donor mata menjadi budaya,” kata Untung Widodo, Sekretaris Jenderal Bank Mata Indonesia. Bank Mata membutuhkan sumbangan kornea mata dari orang yang sudah wafat. Kornea itu disimpan untuk digunakan kepada orang yang mengalami kerusakan kornea. Di Indonesia, ketersediaan kornea jauh lebih sedikit ketimbang kebutuhannnya.

Upaya itu tidak berjalan mulus. BJ Habibie mengatakan cita-cita istrinya kerap terbentur berbagai masalah, terutama agama yang tidak membolehkan pendonoran organ tubuh, termasuk kornea. Ainun berjuang meluruskan pandangan itu. Bagi pemeluk agama Islam, Majelis Ulama Indonesia telah mengeluarkan fatwa yang membolehkan donor mata. Fatwa yang dilansir pada 1979 itu menggolongkan donor mata sebagai amal jariyah–pahalanya terus mengalir selama kornea yang disumbangkan digunakan oleh penerima.

Ainun menghembuskan nafas terakhir pada 22 Mei 2010 di Munchen, Jerman. Dia meninggal pada usia 72 akibat kanker ovarium. Namun, cita-citanya jalan terus. Bank Mata melanjutkan perjuangannya dalam memberikan layanan kesehatan mata gratis. Bank Mata Bogor yang kini dikenal dengan Klinik Mata Dr. Hasri Ainun Habibie, tidak hanya menjalankan operasi katarak cuma-cuma.

Di klinik itu, terdapat dua mesin operasi katarak dan empat dokter spesialis mata. Mereka menangani pasien dengan teknologi Phaco Emulsifikasi, teknik mutakhir yang dijalankan di banyak rumah sakit ternama. Dengan teknik ini, dokter spesialis mata akan menggunakan getaran ultrasonik untuk menghancurkan lapisan katarak tanpa sayatan lebar. Dibanding operasi manual yang butuh berjam-jam, operasi katarak dengan teknik Phaco rata-rata rampung dalam 30 menit.

Mereka juga melayani orang yang membutuhkan dan pendonor kornea mata, termasuk BJ Habibie. “Silakan kalau saya mati, mata saya sumbangkan,” ujarnya. Habibie mengatakan seluruh anggota keluarganya telah menandatangani surat yang menyatakan akan mendonorkan korneanya setelah meninggal.

Kegiatan Bank Mata tidak sebatas tindakan medis. Mereka juga secara rutin membagikan kacamata gratis bagi anak-anak sekolah dan pekerja kebersihan. “Almarhuman Ibu Ainun menjadi penyemangat kami untuk terus berjuang memberikan pelayanan kesehatan mata gratis kepada masyarakat,” kata Fauziah Diani Budiarto, Ketua Perkumpulan Penyantun Mata Tuna Netra Indonesia/Bank Mata cabang Bogor.

Hidup Sehat Read More