Cara Memilih Produk Hairspray Terbaik

Memilih produk yang tepat bagi rambut Anda bisa dibilang susah-susah gampang. Produk apapun, baik produk alami atau buatan penuh bahan kimia, akan memberikan dampak yang langsung pada kesehatan, kekuatan, dan tampilan rambut, yang nantinya akan mempengaruhi tampilan Anda keseluruhan. Hairspray terbaik dapat membuat penampilan Anda tampak prima. Begitu pula dengan sebaliknya, hairspray yang buruk tidak hanya akan merusak tampilan rambut tetapi juga mengancam kesehatannya. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli suatu produk hairspray, ada baiknya Anda belajar jenis-jenis hairspray untuk memastikan Anda dapat memilih hairspray terbaik yang dapat memenuhi kebutuhan rambut indah Anda.

Jenis-jenis hairspray

Sebelum membeli dan mencoba produk hairspray tertentu, sangat penting untuk mengetahui beberapa jenis hairspray yang tersedia di pasaran saat ini dan sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Misalnya, apabila tujuan utama Anda memakai hairspray terbaik adalah untuk mendapatkan tekstur dan kilau rambut, menggunakan hairspray jenis ‘thermal’ tidak akan memberikan hasil yang baik. Hairspray jenis tradisional biasanya digunakan untuk menahan rambut yang ditata agar pada tempatnya. Akan tetapi, teknologi di dunia rambut telah semakin maju saat ini, sehingga hairspray yang Anda pilih mungkin akan memiliki lebih banyak fitur.

Apabila Anda mencari hairspray tertentu untuk membuat gaya rambut Anda, pilihlah jenis hairspray yang mampu memberi ketahanan lama namun tetap dalam takaran yang pas. Contohnya, hairspray dengan penahanan rambut yang pas dan ‘fleksibel’ berarti memberikan Anda keleluasaan dalam menata rambut, namun Anda masih dapat menyisirnya meskipun sudah ditata menggunakan hairspray. Sementara itu, hairspray yang ‘kuat’ dapat ‘membekukan’ sebuah gaya agar tetap pada tempatnya, yang mana merupakan pilihan hairspray terbaik apabila Anda tidak ingin rambut yang telah ditata berubah bentuk.

Jenis hairspray lain yang paling umum ditemukan adalah hairspray ‘thermal’ yang akan melindungi rambut dari alat penata rambut yang panas. Ada pula hairspray jenis ‘volumizing’ yang akan memberikan volume pada rambut, membuat rambut tampak lebih lebat dan terlihat lebih penuh. Apabila Anda ingin mencari volume dan tekstur, gunakan hairspray ‘tekstur’ seperti ‘dry shampoo’. Terakhir namun tidak kalah pentingnya adalah hairspray ‘shine’ yang akan memberikan kesean ‘glossy’ dan mengilap pada rambut.

Tipe rambut dan gaya rambut juga harus diperhatikan

Dalam memilih hairspray terbaik, Anda juga harus memperhatikan jenis rambut yang Anda miliki serta bagaimana biasanya Anda menata rambut. Selain itu, perhatikan pula apa yang ingin Anda capai dengan hairspray yang akan dipilih. Misalnya saja, apabila rambut Andal urus dan ingin ditata dengan gaya ‘updo’, tentunya akan membutuhkan hairspray yang berbeda dibandingkan dengan rambut keriting yang ingin ditata lurus.

Aroma dan bahan

Tergantug dengan selera masing-masing, ada beragam jenis hal lain yang mungkin perlu diperhatikan dalam memilih hairspray terbaik. Contohnya aroma dari hairspray itu sendiri, bahan yang digunakan untuk membuatnya, harga, apakah produk tersebut ‘cruelty-free’ (tidak menggunakan hewan sebagai alat penguji) atau tidak, kemasan, apakah hairspray menggunakan pompa atau nozzle aeorosol, dan detail-detail lain yang akan membuat sebuah produk terlihat lebih menarik apabila dibandingkan dengan produk lainnya yang sejenis.

Selain itu, mungkin Anda ingin memilih hairspray terbaik yang telah teruji secara klinis sehingga aman dan tidak akan merusak rambut saat digunakan. Setelah Anda menemukan hairspray terbaik, gunakan hairspray tersebut agar mampu memaksimalkan keefektifannya dalam menata rambut Anda sesuai dengan yang Anda inginkan.

Hidup Sehat Read More

Mengetahui Letak Hati Manusia dan Penyakit yang Berhubungan Dengannya

Dibanding organ lainnya, hati merupakan organ yang paling besar. Bobot hati orang dewasa bisa mencapai 1,3 kg. Letak hati manusia ini berada pada rongga perut bagian bawah.

Tepatnya, posisi hati berada di bawah diafragma serta di balik tulang rusuk. Oleh sebab itu, Anda tidak dapat merabanya sebab organ hati ini terlindungi oleh tulang rusuk. Letak hati manusia yang berada di balik tulang rusuk bukanlah tanpa tujuan. Hal tersebut ditujukan untuk melindungi organ hati dari berbagai cedera atau kerusakan, seperti kerusakan yang disebabkan oleh benturan.

Hati banyak berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh serta sistem pencernaan. Organ ini juga banyak berperan dalam menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. Wajar saja, bila organ hati bekerja tidak optimal, Anda dapat mengalami berbagai gangguan kesehatan.

Penyakit yang menyerang organ hati

Penyakit yang menyerang hati bisa karena keturunan atau genetik, bisa juga disebabkan oleh virus, serta gaya hidup. Dari berbagai penyakit yang mengintai, berikut ini beberapa masalah yang mungkin muncul saat organ hati terganggu.

1. Hepatitis

Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus. Berdasarkan penyebab infeksinya, terdapat tiga jenis hepatitis, yaitu hepatitis A, B, dan C. Organ hati yang terinfeksi virus tersebut akan mengalami peradangan.

Selain virus penyebab infeksi, terdapat beberapa faktor risiko yang meningkatkan kemungkinan seseorang terserang hepatitis, yaitu kebiasaan minum alkohol, alergi, serta obesitas.

2. Gagal hati

Sesuai namanya, kondisi ini ditandai dengan gagalny hati menjalankan fungsinya secara total. Adapun faktor yang melatarbelakangi kondisi ini dapat berupa faktor genetik, adanya infeksi, maupun kebiasaan konsumsi alkohol yang berlebihan.

3. Sirosis hati

Sirosis hati merupakan kondisi yang dipicu oleh masalah medis lain, seperti hepatitis atau kecanduan alkohol. Ketika terjadi gangguan pada organ hati, secara alami hati akan berusaha memperbaiki sendiri kerusakan tersebut. Akibatnya, terbentuk bekas luka. Semakin banyak bekas luka tersebut, semakin sulit hati bekerja dengan optimal.

Jadi, sirosis hati merupakan suatu kondisi di mana hati memiliki luka akibat kerusakan organ tersebut dalam jangka waktu yang panjang. Bila terlambat diketahui, sirosis hati dapat mengancam nyawa dan tidak dapat diperbaiki. Namun, bila dapat terdeteksi dini, kerusakan lebih jauh dapat dihindari.

4. Kanker hati

Umumnya, kanker hati timbul setelah seseorang mengalami sirosis. Jenis yang lazim menyerang merupakan karsinoma hepatoselular.

5. Asites

Suatu kondisi di mana cairan hati keluar ke rongga perut, sehingga perut terlihat buncit. Lagi-lagi, gangguan medis ini juga dapat disebabkan oleh sirosis hati.

6. Batu empedu

Salah satu peran hati adalah memproduksi cairan empedu. Cairan tersebut nantinya akan disimpan di kantung empedu dan dialirkan ke usus halus untuk membantu proses pencernaan. Apabila cairan tersebut mengeras dan tersangkut di kantung atau saluran empedu, kondisi ini disebut batu empedu.

Adanya batu empedu yang tersangkut di saluran empedu, membuat cairan empedu yang diproduksi oleh hati tidak dapat mengalir ke luar. Hal ini dapat memicu berbagai gangguan hati lainnya.

Pengetahuan terkait letak hati manusia serta penyakit yang mungkin menyerang organ tersebut, diharapkan membuat setiap orang dapat menjaga organ hati dengan lebih baik. Seperti diketahui, alkohol sangat berpengaruh bagi kesehatan organ hati. Sehingga salah satu cara menjaga organ yang satu ini adalah dengan mengurangi konsumsi minuman beralkohol.

Hidup Sehat Read More

Ragam Menu Diet Saat Menyusui, Lezat dan Menyehatkan

menu diet saat menyusui yang simpel dan bergizi

Sepanjang masa kehamilan, mungkin, ibu pasti mengalami perubahan bentuk tubuh. Beberapa di antara mereka tidak nyaman dan ingin segera mengembalikan bentuk tubuhnya seperti sedia kala. Namun, ketika ingin menjalani diet atau work out para ibu harus ingat bahwa mereka juga masih memiliki kewajiban lain, yakni menyusui bayinya. Lantas, sebenarnya boleh tidak, sih, diet saat menyusui?

Sebenarnya, tidak ada larangan bagi para ibu menjalani diet meski tengah menyusui. Dalam kata lain, ibu menyusui tetap boleh melakukan sesuatu untuk mengembalikan bentuk tubuh ideal menurutnya. Akan tetapi, yang perlu digaris bawahi adalah, para ibu yang memutuskan untuk menjalani diet tetap harus berwawasan kepada anaknya. Maksudnya, si ibu tak boleh egois dengan menghentikan makannya sama sekali, misalnya.

Hal itu tentu salah kaprah, sebab tiap asupan makanan dan minuman yang Ibu konsumsi selama masa menyusui akan berpengaruh terhadap kualitas ASI yang dihasilkan. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa pada akhirnya bayi juga akan terkena dampak jika si ibu abai terhadap asupan yang masuk ke dalam tubuhnya sendiri.

Kunci utama menu diet sehat selama menyusui adalah dengan mengonsumsi makanan yang bervariasi dan kaya akan protein. Selama menjalani diet sehat yang seimbang, usahakan untuk menjaga agar tubuh Ibu tidak kekurangan cairan. Minum air putih yang cukup dan konsumsi diet yang seimbang turut berpengaruh dalam menjaga kadar ASI dalam tubuh.

Nah, jika Anda memutuskan untuk menjalankan diet, Anda harus memperhatikan menu diet agar proses tumbuh kembang bayi tidak terganggu. Ketika menyusui bayi, Anda juga perlu memperhatikan setiap perubahan dari konsumsi pola makan yang lebih sehat. Sebagai panduan awal, beberapa tips diet sehat mungkin bisa dijadikan acuan, seperti:

  • Konsumsi makanan yang mengandung banyak serat, seperti produk berbahan dasar gandum utuh, buah-buahan, dan beragam sayuran.
  • Jangan lupakan karbohidrat, apa pun bentuknya, bisa nasi, mie, roti, dan sebagainya.
  • Konsumsi protein dari daging tanpa lemak, unggas, ikan, telur dan kacang-kacangan.
  • Konsumsi lima porsi sayur dan buah-buahan setiap hari. Baik dalam kondisi buah segar, beku, atau produk buah-buahan yang dikeringkan.
  • Konsumsi setidaknya dua porsi ikan setiap minggu, dengan satu porsi makanan yang kaya kandungan minyak ikan.
  • Kalsium dari susu dan produk olahan susu seperti keju dan yogurt.

Nah, dari panduan di atas, Anda mungkin bisa berkreasi sendiri memadu-padankan bahan-bahan makanan menyehatkan di atas sesuai selera Anda. Namun, untuk membantu Anda, ada beberapa menu makanan diet saat menyusui yang mungkin bisa Anda coba, di antaranya:

Menu 1:

  • 1 sendok (centong) nasi putih.
  • 1 potong ikan tongkol yang dibakar dengan bawang putih, jahe, dan cabai.
  • Tumis kangkung. Tumis dengan 1 sendok teh minyak dan sedikit garam.

Menu 2:

  • 1 sendok nasi putih.
  • Ayam panggang.
  • Sayur bayam.

Menu 3:

  • 1 sendok (centong) nasi putih.
  • 1 potong ikan panggang.
  • Wortel dikukus atau dipanggang.
  • Sayur pokcoy.

Menu 4:

  • 1/2 cangkir oatmeal dan susu.
  • 1 buah kiwi, dipotong-potong.
  • 2 sendok makan yogurt low fat (tanpa gula tambahan).
  • Campurkan oat ke dalam wadah dan tuangkan susu. Setelahnya, susun buah dan siram dengan yogurt.

Menu 5:

  • 1 sendok (centong) nasi putih.
  • Ikan salmon panggang.
  • Brokoli panggang atau rebus.

Menu 6:

  • Sandwich isi ayam cincang (tambahkan sedikit mayonaise, bawang merah, dan sambal).
  • Gunakan roti gandum.
  • Jangan lupa lengkapi dengan sayur-sayuran, seperti selada, timun, dan tomat.

Menu 7:

  • 1 sendok (centong) nasi putih.
  • Ikan panggang.
  • Terong, wortel, brokoli dipanggang atau boleh juga direbus.

Menu 8:

  • Nasi putih (1 centong nasi)
  • Tumis udang dan sayur.
  • Telur gulung.

Menu 9:

  • Nasi putih (1 centong nasi)
  • Tenggiri kukus limau.
  • Sayuran campur.

Menu 10:

  • 1 porsi nasi (1 centong nasi).
  • Sayur bayam.
  • Sayur tumis dengan potongan ayam.
  • 1 potong ikan tongkol.

Semoga panduan diet saat menyusui di atas dapat membantu Anda dalam memecahkan masalah yang sedang Anda alami. Intinya, jangan pernah mengorbankan kondisi dan kesehatan bayi Anda demi sekadar bentuk tubuh yang ideal. Jika tak perlu-perlu sekali, sebaiknya Anda tunda dahulu diet saat menyusui, setidaknya sampai si kecil telah masuk ke masa menyapih.

Bayi dan Menyusui, Hidup Sehat Read More

Manfaat Garam Himalaya untuk Manusia

Selain garam meja yang biasa kamu gunakan untuk memasak, ada lagi jenis garam lainnya yakni garam Himalaya. Garam ini tidak bisa didapatkan dengan sembarangan karena bukan berasal dari laut. Namun, berasal dari tambang garam terbesar kedua di dunia yang berada di kaki pegunungan Himalaya. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari garam Himalaya ini.

Adapun garam ini merupakan jenis garam yang paling murni di dunia. Bahkan, warnanya pun berbeda, yakni warna pink atau merah muda. Hal ini terjadi karena kandungan zat besi yang ada di dalamnya. Selain keunikan tersebut, ada beberapa manfaat garam Himalaya yang perlu kamu ketahui.

1. Mengandung banyak mineral

Garam pink ini mengandung banyak sekali mineral. Hal ini bisa dilihat dari warna yang dimilikinya. Garam ini mengandung hampir 80 mineral yang berbeda. Selain kandungan zat besi yang memberikan warna pink, garam ini juga mengandung mineral magnesium, kalsium, kalium, fosfor, klorida, boron, fluoride, yodium, seng, selenium, tembaga, dan masih banyak lagi. Mineral-mineral ini tentu diperlukan untuk tubuh. Namun, sebesar 97% garam Himalaya terdiri dari natrium klorida, dan sisanya 3% adalah mineral lain dalam konsentrasi kecil.

2. Mengandung antimikroba

Antimikroba dalam garam selama ini dimanfaatkan untuk mengawetkan makanan. Namun, lebih dari itu ternyata antimikroba dalam garam juga bermanfaat untuk kesehatan kita. Antimikroba dalam garam dapat digunakan tubuh untuk membantu melawan infeksi. Selain itu, penelitian juga telah membuktikan bahwa asupan natrium tinggi yang diperoleh dari garam dapat meningkatkan respon kekebalan tubuh dan mempercepat masa penyembuhan pada tikus.

Oleh karena itu, konsumsi garam Himalaya atau garam lainnya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan infeksi. Selain itu, menggunakan garam Himalaya untuk mandi atau dioleskan ke kulit juga dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur di kulit.

3. Mempertahankan hidrasi tubuh

Seperti yang kita tahu, tubuh mengandung garam elektrolit untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan menjaga hidrasi tubuh. Sehingga, konsumsi garam Himalaya juga dapat membantu tubuh dalam menjaga keseimbangan cairan dan hidrasi. Hal ini membantu tubuh dalam memperlancar komunikasi sinyal saraf dan membantu fungsi otot. Dengan mengonsumsi natrium dalam jumlah yang tepat, artinya kamu juga membantu tubuh dalam mencegah kram otot dan masalah otot lainnya.

4. Menyeimbangkan pH tubuh

Selain membantu menyeimbangkan cairan dalam tubuh, natrium juga membantu dalam menyeimbangkan pH tubuh. Natrium dapat menetralkan asam dalam tubuh, sehingga dapat menyeimbangkan pH dalam tubuh. Sehingga, jika kamu mengonsumsi garam Himalaya yang mengandung natrium, kamu juga akan mendapatkan manfaat ini.

Dengan menyeimbangkan pH tubuh, kamu turut mencegah menurunnya kekebalan tubuh, hilangnya kepadatan tulang, dan batu ginjal. Garam Himalaya juga dapat digunakan sebagai antasida karena bisa menetralkan asam lambung yang berlebihan.

5. Detoksifikasi

Berendam dalam air hangat yang ditambahkan garam Himalaya juga dapat membantu tubuh dalam mengeluarkan racun. Garam ini dapat membantu menarik racun keluar dari kulit dan jaringan lemak. Berendam garam Himalaya juga dapat membantu melemaskan otot-otot kamu yang tegang setelah beraktivitas. Hal ini membuat tubuh kamu menjadi lebih segar dan berenergi.

Itulah manfaat dari garam Himalaya yang bisa dirasakan oleh manusia. Selain itu, sebenarnya masih ada manfaat lainnya yaitu untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi dari makanan, menjaga kesehatan pembuluh darah, kekuatan tulang, fungsi saluran pernapasan, ginjal, dan kandung empedu.

Jadi kamu tidak perlu khawatir untuk mengonsumsinya. Sebab, manfaat dari garam Himalaya sangat beragam dan bagus untuk tubuhmu.

Hidup Sehat Read More

Nanas Obat Batuk Alami? Pencegahan Batuk Yang Mengganggu

Pada umumnya, batuk merupakan sebuah kondisi yang normal. Batuk dapat membantu membersihkan tenggorokan dari dahak dan zat-zat lain yang dapat membuat iritasi. Akan tetapi, batuk yang terjadi terus menerus dapat disebabkan karena kondisi tertentu, misalnya saja karena alergi, infeksi virus dan infeksi bakteri. Anda dapat mengobati batuk yang disebabkan karena demam, alergi, dan infeksi sinus dengan obat-obatan tanpa resep dan juga obat batuk alami. Infeksi bakteri membutuhkan antiobiotik untuk mengobatinya. Apabila Anda ingin menghindari zat kimia, obat alternatif alami seperti bromelain dapat meredakan gejala batuk.

Anda mungkin belum pernah mendengar bahwa nanas bisa dijadikan obat batuk alami. Bukan hal yang aneh karena banyak orang tidak familiar dengan bromelain, zat yang terkandung di dalam batang dan buah nanas. Menurut sebuah penelitian, ada bukti bahwa zat bromelain tersebut dapat menekan batuk dan melepaskan lendir yang ada di dalam tenggorokan. Agar Anda bisa menikmati manfaat nanas dan bromelain secara utuh, makan satu potong nanas atau minum atau 100 ml jus nanas segar tiga kali sehari. Tidak berhenti saja, bromelain juga diklaim mampu membantu meringankan gejala sinusitis dan gangguan sinus yang disebabkan karena alergi, yang dapat menyebabkan batuk dan dahak. Akan tetapi, bukti akan klaim tersebut masih kurang. Penelitian lanjut masih perlu dilakukan. Walaupun demikian, nanas sering digunakan untuk merawat pembengkakan dan peradangan.

Apabila Anda ingin mengonsumsi suplemen bromelain, perlu diingat bahwa suplemen tersebut tidak boleh diminum oleh anak-anak dan orang dewasa yang mengonsumsi obat pengencer darah. Anda juga harus berhati-hati dalam menggunakan bromelain apabila Anda sedang dalam pengobatan antibiotik seperti amoxicillin karena dapat meningkatkan penyerapan antibiotik. Selalu konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu apabila Anda ingin mengonsumsi suplemen yang tidak Anda kenal.

Mencegah batuk

Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati. Selain dapat merawat batuk, Anda juga harus tahu cara mencegah batuk. Untuk melindungi tubuh dari flu atau demam, pastikan Anda mendapatkan vaksinasi flu setiap tahunnya. Selain itu, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini:

  • Hindari melakukan kontak langsung dengan mereka yang sakit. Apabila Anda tahun Anda sakit, hindari datang ke kantor atau sekolah agar Anda tidak menulari orang lain.
  • Tutup mulut dan hidung kapanpun Anda hendak bersin atau batuk
  • Minum banyak air agar tubuh tetap selalu terhidrasi
  • Cuci tangan Anda dengan teratur, terutama setelah Anda batuk, sebelum makan, setelah masuk kamar kecil, atau setelah merawat orang yang sakit
  • Anda juga perlu mengurangi stres. Stres dapat memberikan dampak terhadap sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko tubuh terkena penyakit. Untuk mengurangi stres, seseorang dapat melakukan olahraga dengan teratur, meditasi, tarik napas dalam-dalam, dan mencoba teknik relaksasi otot progresif
  • Tidur yang cukup. Coba untuk selalu mendapatkan tidur setidaknya 7 hingga 9 setiap malamnya agar tetap sehat dan prima. Tidur yang berkualitas dan cukup dapat menghindari stres

Untuk menghindari batuk yang disebabkan oleh alergi, Anda bisa mulai dengan mengidentifikasi penyebab alergi tersebut dan menghindari kontak langsung dengannya. Alergi yang paling sering ditemui disebabkan oleh debu, bulu hewan, jamur, serangga, dan serbuk bunga. Vaksin alergi juga sangat berguna dan dapat mengurangi sensitivitas Anda terhadap penyebab alergi. Bicarakan dengan dokter untuk mengetahui rencana vaksin apa saja atau obat batuk alami yang cocok dengan kondisi kesehatan Anda.

Hidup Sehat Read More

Ingin Diet Yang Menyenangkan? Ini Dia Tipsnya!

tips diet yang menyenangkan

Hampir semua orang beranggapan bahwa menjaga asupan dan pola makan saat ini bukanlah hal yang mudah. Godaan berbagai menu makanan siap saji yang menawarkan asupan lezat dan praktis kerap kali membuat kita kesulitan untuk bertahan dalam menjaga diet. Dengan kata lain, diet menjadi identik dengan makanan yang tidak enak, hambar, dan monoton. Kenyataannya, ada banyak orang yang berhasil menjalani diet dengan asupan sehat dan lezat tanpa harus kehilangan kebahagiaan melalui makanan. Simak tipsnya berikut ini!

1. Buat Jadwal Makan Fast Food
Tidak bisa dipungkiri, menu-menu makanan cepat saji memang sudah sangat melekat di lidah orang-orang masa kini. Tidak heran menghapus fast food dalam pilihan makanan sehari-hari akan sangat sulit untuk dilakukan. Namun, cobalah untuk membuat jadwal khusus makan fast food. Anda dapat memulainya dengan menjadwalkan seminggu sekali, kemudian diubah perlahan menjadi dua minggu sekali, hingga akhirnya menjadi sebulan sekali.


2. Batasi Minuman Manis
Minuman soda sudah menjadi salah satu bagian dari gaya hidup masyarakat masa kini. Padahal, kandungan gula yang tinggi sangat berisiko mengancam kesehatan tubuh, khususnya di masa depan. Jika Anda belum bisa menghindari asupannya, cobalah untuk membatasi dengan hanya meminum 1 gelas sehari. Sama seperti membuat jadwal makan fast food, perlahan Anda dapat mengurangi intensitas minum minuman manis menjadi 1 gelas seminggu.

3. Pizza Di Akhir Pekan

Tidak hanya menjadwal asupan fast food, Anda juga perlu untuk lebih kritis dalam mencari jenis fast food yang Anda makan. Hindari terlalu banyak gorengan dan pilihlah pizza yang lengkap dengan daging dan sayuran sebagai toppingnya. Anda juga bisa mencari fast food yang menawarkan menu salad sebagai makanan pendamping untuk mengimbangi lemak tinggi dalam gorengan.

4. Perbanyak Asupan Protein

Perhatikan komposisi gizi yang Anda konsumsi setiap harinya. Upayakan untuk menjaganya tetap seimbang dan kurangi asupan karbohidrat seperti nasi yang terlalu banyak. Sebagai gantinya, tambah asupanmu dengan berbagai lauk kaya protein seperti telur, daging, dan kacang-kacangan.

5. Jangan Lewatkan Serat dalam Menu Sarapanmu
Carol Ann Brannon, seorang ahli terapi nutrisi di Georgia, menyatakan bahwa setidaknya dalam satu menu sarapan harus ada 3 gram serat. Pasalnya, asupan serat cukup penting untuk memperlancar kerja pencernaan dan penyerapan nutrisi dalam tubuh.

6. Lengkapi dengan Sayur dan Buah
Diet bukan selalu tentang menahan dan mengurangi porsi makan. Anda dapat memperbaiki asupan makanan dengan mengimbangi nutrisi di dalamnya. Salah satu yang kerap terlupakan adalah sayur dan buah yang memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh.

7. Perbanyak Minum Air Putih

Anda pasti sudah sering mendengar beragam manfaat dari banyak minum air putih. Asupan cairan tubuh ini sangat penting untuk kesehatan tubuh. Bahkan, memperbanyak asupan air putih juga penting dalam memperoleh tubuh yang langsing ideal. Dalam hal ini, air putih memiliki peran dalam proses pembuangan sisa-sisa makanan dan minuman melalui keringat, urine, dan kotoran. Dengan begitu, tidak ada lagi lemak dan sisa makanan yang menumpuk di tubuh.

Itulah beberapa tips untuk diet yang simpel dan menyenangkan. Menjaga asupan dan pola makan memang dapat membantumu memperoleh tubuh yang ideal. Akan tetapi, ada baiknya untuk menjadikan hidup yang sehat sebagai tujuan dari diet yang Anda lakukan. Dengan begitu diet tidak akan lagi menyiksa untuk dilakukan. Jangan lupa pula untuk mengimbangi dietmu dengan beragam aktivitas rutin seperti olahraga dan latihan-latihan ringan.

Hidup Sehat Read More

Mengenal Mendiang Ainun Habibie, Pendiri Bank Mata di Indonesia

pendiri bank mata di indonesia

Setelah lima tahun pandangannya kabur karena digerogoti katarak, Mat Soleh akhirnya bisa melihat kembali. Usai menjalani dua kali operasi katarak, kakek 71 tahun asal Citeureup, Kota Bogor ini menghaturkan doanya kepada Ainun Habibie. “Saya sangat bersyukur dapat melihat kembali setelah dioperasi gratis dua kali. Saya tau ini punya Ibu Ainun Habibie. Setiap salat saya selalu mendoakan ibu agar arwahnya tenang di sana,” katanya di Gedung P4K (Pusat Pengkajian dan Pengembangan Penyantun Kebutaan), Jalan Semeru, Kota Bogor.

Mat Soleh tidak sendirian. Hari itu, ada 27 warga yang mendapat pelayanan operasi katarak gratis di Bank Mata Bogor. “Sebelu tau ada Bank Mata, saya disarankan membawa nenek saya operasi di rumah sakit dengan biaya Rp 7 juta,” kata Nining, warga Batu Tulis, Kota Bogor.

Lahir dengan nama Hasri Ainun Besari di Semarang pada 11 Agustus 1937, Ainun Habibie merupakan istri Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie–menjabat 1998-1999. Mereka menikah pada 1962. Saat itu Ainun telah lulus Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan bekerja di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Kisah cinta mereka menjadi bagian dari budaya pop Indonesia setelah buku memoar dan filmnya meledak di pasaran.

Selepas tugas sebagai Ibu Negara, Ainun kembali ke dunia kesehatan. Dia menjadi Ketua Bank Mata Indonesia.  “Beliau ingin agar donor mata menjadi budaya,” kata Untung Widodo, Sekretaris Jenderal Bank Mata Indonesia. Bank Mata membutuhkan sumbangan kornea mata dari orang yang sudah wafat. Kornea itu disimpan untuk digunakan kepada orang yang mengalami kerusakan kornea. Di Indonesia, ketersediaan kornea jauh lebih sedikit ketimbang kebutuhannnya.

Upaya itu tidak berjalan mulus. BJ Habibie mengatakan cita-cita istrinya kerap terbentur berbagai masalah, terutama agama yang tidak membolehkan pendonoran organ tubuh, termasuk kornea. Ainun berjuang meluruskan pandangan itu. Bagi pemeluk agama Islam, Majelis Ulama Indonesia telah mengeluarkan fatwa yang membolehkan donor mata. Fatwa yang dilansir pada 1979 itu menggolongkan donor mata sebagai amal jariyah–pahalanya terus mengalir selama kornea yang disumbangkan digunakan oleh penerima.

Ainun menghembuskan nafas terakhir pada 22 Mei 2010 di Munchen, Jerman. Dia meninggal pada usia 72 akibat kanker ovarium. Namun, cita-citanya jalan terus. Bank Mata melanjutkan perjuangannya dalam memberikan layanan kesehatan mata gratis. Bank Mata Bogor yang kini dikenal dengan Klinik Mata Dr. Hasri Ainun Habibie, tidak hanya menjalankan operasi katarak cuma-cuma.

Di klinik itu, terdapat dua mesin operasi katarak dan empat dokter spesialis mata. Mereka menangani pasien dengan teknologi Phaco Emulsifikasi, teknik mutakhir yang dijalankan di banyak rumah sakit ternama. Dengan teknik ini, dokter spesialis mata akan menggunakan getaran ultrasonik untuk menghancurkan lapisan katarak tanpa sayatan lebar. Dibanding operasi manual yang butuh berjam-jam, operasi katarak dengan teknik Phaco rata-rata rampung dalam 30 menit.

Mereka juga melayani orang yang membutuhkan dan pendonor kornea mata, termasuk BJ Habibie. “Silakan kalau saya mati, mata saya sumbangkan,” ujarnya. Habibie mengatakan seluruh anggota keluarganya telah menandatangani surat yang menyatakan akan mendonorkan korneanya setelah meninggal.

Kegiatan Bank Mata tidak sebatas tindakan medis. Mereka juga secara rutin membagikan kacamata gratis bagi anak-anak sekolah dan pekerja kebersihan. “Almarhuman Ibu Ainun menjadi penyemangat kami untuk terus berjuang memberikan pelayanan kesehatan mata gratis kepada masyarakat,” kata Fauziah Diani Budiarto, Ketua Perkumpulan Penyantun Mata Tuna Netra Indonesia/Bank Mata cabang Bogor.

Hidup Sehat Read More