Manfaat Garam Himalaya untuk Manusia

Selain garam meja yang biasa kamu gunakan untuk memasak, ada lagi jenis garam lainnya yakni garam Himalaya. Garam ini tidak bisa didapatkan dengan sembarangan karena bukan berasal dari laut. Namun, berasal dari tambang garam terbesar kedua di dunia yang berada di kaki pegunungan Himalaya. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari garam Himalaya ini.

Adapun garam ini merupakan jenis garam yang paling murni di dunia. Bahkan, warnanya pun berbeda, yakni warna pink atau merah muda. Hal ini terjadi karena kandungan zat besi yang ada di dalamnya. Selain keunikan tersebut, ada beberapa manfaat garam Himalaya yang perlu kamu ketahui.

1. Mengandung banyak mineral

Garam pink ini mengandung banyak sekali mineral. Hal ini bisa dilihat dari warna yang dimilikinya. Garam ini mengandung hampir 80 mineral yang berbeda. Selain kandungan zat besi yang memberikan warna pink, garam ini juga mengandung mineral magnesium, kalsium, kalium, fosfor, klorida, boron, fluoride, yodium, seng, selenium, tembaga, dan masih banyak lagi. Mineral-mineral ini tentu diperlukan untuk tubuh. Namun, sebesar 97% garam Himalaya terdiri dari natrium klorida, dan sisanya 3% adalah mineral lain dalam konsentrasi kecil.

2. Mengandung antimikroba

Antimikroba dalam garam selama ini dimanfaatkan untuk mengawetkan makanan. Namun, lebih dari itu ternyata antimikroba dalam garam juga bermanfaat untuk kesehatan kita. Antimikroba dalam garam dapat digunakan tubuh untuk membantu melawan infeksi. Selain itu, penelitian juga telah membuktikan bahwa asupan natrium tinggi yang diperoleh dari garam dapat meningkatkan respon kekebalan tubuh dan mempercepat masa penyembuhan pada tikus.

Oleh karena itu, konsumsi garam Himalaya atau garam lainnya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan infeksi. Selain itu, menggunakan garam Himalaya untuk mandi atau dioleskan ke kulit juga dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur di kulit.

3. Mempertahankan hidrasi tubuh

Seperti yang kita tahu, tubuh mengandung garam elektrolit untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan menjaga hidrasi tubuh. Sehingga, konsumsi garam Himalaya juga dapat membantu tubuh dalam menjaga keseimbangan cairan dan hidrasi. Hal ini membantu tubuh dalam memperlancar komunikasi sinyal saraf dan membantu fungsi otot. Dengan mengonsumsi natrium dalam jumlah yang tepat, artinya kamu juga membantu tubuh dalam mencegah kram otot dan masalah otot lainnya.

4. Menyeimbangkan pH tubuh

Selain membantu menyeimbangkan cairan dalam tubuh, natrium juga membantu dalam menyeimbangkan pH tubuh. Natrium dapat menetralkan asam dalam tubuh, sehingga dapat menyeimbangkan pH dalam tubuh. Sehingga, jika kamu mengonsumsi garam Himalaya yang mengandung natrium, kamu juga akan mendapatkan manfaat ini.

Dengan menyeimbangkan pH tubuh, kamu turut mencegah menurunnya kekebalan tubuh, hilangnya kepadatan tulang, dan batu ginjal. Garam Himalaya juga dapat digunakan sebagai antasida karena bisa menetralkan asam lambung yang berlebihan.

5. Detoksifikasi

Berendam dalam air hangat yang ditambahkan garam Himalaya juga dapat membantu tubuh dalam mengeluarkan racun. Garam ini dapat membantu menarik racun keluar dari kulit dan jaringan lemak. Berendam garam Himalaya juga dapat membantu melemaskan otot-otot kamu yang tegang setelah beraktivitas. Hal ini membuat tubuh kamu menjadi lebih segar dan berenergi.

Itulah manfaat dari garam Himalaya yang bisa dirasakan oleh manusia. Selain itu, sebenarnya masih ada manfaat lainnya yaitu untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi dari makanan, menjaga kesehatan pembuluh darah, kekuatan tulang, fungsi saluran pernapasan, ginjal, dan kandung empedu.

Jadi kamu tidak perlu khawatir untuk mengonsumsinya. Sebab, manfaat dari garam Himalaya sangat beragam dan bagus untuk tubuhmu.

Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*