Manfaat Roti Tawar, Cek Di Sini!

Mengonsumsi roti sebagai sarapan ataupun bekal untuk ke kantor atau sekolah mungkin sering Anda lakukan. Roti menjadi salah satu makan yang paling digemari tidak hanya di Indonesia, namun di beberapa negara pun menjadi menjadi makanan pokok. Namun, apakah mengonsumsi roti sehat bagi tubuh? Bisakah mengonsumsi roti menurunkan berat badan?

roti tawar

Banyak sekali pertanyaan seputar manfaat roti tawar yang sering kita dengar. Tidak hanya itu, banyak juga yang mempertanyakan manfaat dari roti tawar itu sendiri. Berikut beberapa manfaat yang terdapat dari roti tawar yang baik untuk Anda konsumsi. 

Nutrisi utama dari roti

Anda mungkin pernah mendengar manfaat potensial dari diet rendah karbohidrat dan beberapa ulasan untuk menghindari roti pada diet tersebut, akan tetapi produk roti dapat menjadi pondasi dari diet rendah lemak yang sehat. 

Pasalnya, roti tawar memberikan nutrisi yang penting dan bisa menjadi komponen yang memuaskan untuk makanan Anda. Namun, Anda perlu memilih roti gandum untuk menghindari gula tambahan atau lemak jenuh. Dan berikut nutrisi utama pada roti:

  • Kalsium. Roti tawar atau roti putih diperkaya dengan kalsium yang dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi Anda.
  • Serat. Roti merupakan sumber serat makanan penting yang dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan, serta membantu mengontrol gula darah dan kadar kolesterol yang membuat kita kenyang lebih lama. Terutama pada roti gandum. 
  • Protein. Roti merupakan sumber protein rendah lemak yang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk pertumbuhan, pembaruan dan perbaikan.
  • Zat besi. Roti putih diperkaya dengan zat besi. Zat besi penting untuk energi dan konsentrasi, sistem kekebalan tubuh yang sehat dan darah yang sehat.
  • Vitamin dan mineral lainnya. Roti mengandung berbagai macam vitamin dan mineral termasuk vitamin kelompok B tiamin (B1), Niacin (B3) dan yang terpenting untuk melepaskan energi dari makanan serta menjaga kesehatan kulit, mata dan kuku. Selain itu, roti juga mengandung asam folat yang penting untuk kehamilan dan membantu mencegah cacat tabung saraf seperti, spina bifilda. 
  • Energi. Roti termasuk rendah kalori, terutama roti gandum. Sepotong roti tawar mengandung rata-rata 77 kalori.
  • Gula. Kebanyakan roti mengandung gula yang rendah dan penting untuk kesehatan gigi dan menjaga berat badan tetap stabil. Namun untuk lebih rendah, Anda dapat mengonsumsi roti gandum. 

Manfaat roti tawar

  • Nutrisi ekstra

Seperti yang telah dijelaskan, bahwa produk roti mengandung bahan yang sehat dan bergizi. Banyak jenis roti yang mengandung kacang-kacangan atau biji-bijian yang dapat menyehatkan jantung, dan mengandung asam lemak omega-3. Roti pun ada yang mengandung buah kering, seperti kismis, ceri atau stroberi yang tinggi kalium dan serat makanan. Namun, Anda perlu berhati-hati dalam memilih roti dengan tambahan gula atau lemak yang tinggi, seperti lapisan gula, kepingan cokelat dan kayu manis. 

  • Mikronutrien

Umumnya produk roti yang dibuat dengan tepung diperkaya dengan zat besi, tiamin, riboflavin, biasin, dan folat yang tinggi. Zat besi merupakan komponen hemoglobin dalam sel darah merah yang sehat, sedangkan tiamin, niasin, dan riboflavin sangat penting untuk produksi energi dalam tubuh Anda serta folat merupakan vitamin esensial untuk kesehatan jantung. Nah, biasanya produk olahan roti dibuat dengan tepung yang tidak diperkaya dengan kandungan nutrisi tersebut. 

Manfaat roti tawar akan lebih baik jika dokonsumsi tidak setiap hari. Namun, jika Anda ingin mengonsumsi setiap hari, disarankan untuk memilih jenis roti gandum, di mana roti gandum menggunakan bahan baku yang lebih sehat dan akan memberikan manfaat yang maksimal untuk tubuh Anda. Jadi, pilih asupan makanan yang rendah kalori dan menyehatkan, ya!

Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*