Segera Lakukan Langkah Berikut untuk Atasi Anak Biduran

Apakah anak Anda pernah mengalami biduran? Salah satu gejala yang menandakan anak biduran, yaitu munculnya bentol-bentol kemerahan yang disertai dengan rasa gatal pada area kulit.

Tidak perlu terlalu khawatir jika baru menghadapi situasi ini. Biduran adalah salah satu kondisi yang normal dialami oleh anak. Setidaknya satu dari lima orang populasi dunia pernah mengalami kondisi ini.

Dalam dunia medis, biduran (urtikaria) adalah salah satu respons tubuh terhadap pemicu alergi (allergen) tertentu. Sebagai contoh, anak biduran dapat dipicu oleh makanan atau minuman yang ia konsumsi, terkena tumbuhan maupun zat tertentu, akibat digigit serangga, suhu yang terlalu panas, kegerahan, atau mengalami kedinginan. Biduran yang termasuk gangguan kulit ini juga dapat muncul ketika anak sakit pilek atau diare.

Langkah untuk mengatasi anak biduran

Mengatasi biduran seketika saat gejala mulai muncul dapat membantu anak untuk mengatasi rasa tidak nyaman yang ditimbulkan akibat rasa gatal biduran tersebut. Di bawah ini, terdapat langkah pertolongan pertama ketika anak biduran.

  1. Segera jauhkan anak dari pemicu alergi (alergen)

Telah disebutkan di atas, bahwa biduran dapat dipicu oleh faktor atau zat tertentu (alergen) penyebab alergi. Anda dapat melakukan langkah, sebagai berikut:

  • Jika anak biduran akibat suhu panas di sekitar lingkungannya, maka jauhkan ia dari suhu panas dan bawa ke tempat yang lebih sejuk.
  • Anak biduran yang disebabkan oleh rasa gerah karena pakaian yang terlalu ketat, segera longgarkan pakaian atau mengganti pakaian dengan yang baru.
  • Ketika anak biduran akibat tumbuhan, segera basuh area munculnya biduran dengan air dan sabun secara tepat.

Di samping itu, penting bagi orang tua untuk memastikan bahwa area biduran terkena yang tertutup dan biarkan area tersebut terpapar oleh udara sebebas mungkin dan hindari dari kondisi lembab.

  1. Ajarkan anak untuk tidak menggaruk area biduran

Anda perlu mengingatkan anak untuk tidak menggaruk area biduran, walau memang terasa gatal. Anak perlu diberi tahu bahwa jika ia terus menggaruk area biduran, maka akan memburuk kondisi alerginya tersebut. Sebagai solusi, pasangkan sarung tangan berbahan lembut pada kedua tangan anak.

  1. Mengonsumsi obat antihistamin

Mengonsumsi obat antihistamin dapat menjadi solusi pertama untuk mengatasi anak biduran. Namun, Anda perlu waspada dengan obat ini dan berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu agar dapat mendapatkan solusi yang tepat.

Dokter akan menyarankan dosis yang dapat diberikan pada anak, sesuai dengan usia dan berat badan, hingga tingkat keparahan kasus alergi tersebut.

  1. Mengatasi rasa gatal pada anak biduran

Meringankan rasa gatal dapat menolong anak dari rasa tidak nyaman. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan pada buah hati, antara lain:

  • Berendam dengan air dingin atau mandi selama 10 menit dengan tidak menggosok area biduran ketika mandi. Cukup bilas dan tepuk lembut area biduran pada kulit anak
  • Kompres area biduran dengan es batu yang telah dibungkus handuk. Hati-hati dalam melakukan cara pengobatan ini. Pasalnya, es batu yang ditempelkan langsung dapat memperburuk iritasi.
  • Oleskan losion calamine pada area kulit yang mengalami biduran, biarkan hingga kering.

Walau kondisi ini terkesan normal dan tidak berbahaya, namun jika anak Anda mengalami biduran disertai dengan sesak napas, segera bawa anak ke dokter untuk mencegah adanya komplikasi kesehatan lain.

Bayi dan Menyusui

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*