Ternyata, Gonore Kencing Nanah Bisa Menyerang Bayi

Mungkin Anda telah familiar dengan istilah penyakit kencing nanah atau gonore. Anda mungkin akan langsung terpikirkan bahwa penyakit ini biasanya diderita oleh pria dewasa. Namun, pada kenyataannya gonore juga dapat menyerang bayi.

Kencing nanah adalah infeksi menular seksual yang diakibatkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus. Istilah gonore diambil dari nama bakter ini. Bakteri penyebab gonore umumnya dapat ditemukan dari cairan penis dan vagina. Bakteri ini dapat masuk ke leher rahim, uretra, dan rektum, bahkan dapat menginfeksi tubuh melalui tenggorokan atau mata.

Kondisi utama yang menjadi penyebab timbulnya infeksi gonore adalah aktivitas seksual yang dilakukan secara tidak aman, seperti sering bergonta-ganti pasangan dan berhubungan seksual tanpa menggunakan kondom. Selain itu, melakukan hubungan seksual lewat vagina, anus (seks anal) dan mulut (seks oral) dapat meningkatkan risiko terkena infeksi gonore.

Dari kondisi tersebut, gonore ternyata dapat ditularkan oleh ibu pada anak bayi ketika melahirkan. Dalam kasus tertentu, gonore dapat menimbulkan komplikasi lain, seperti kebutaan permanen pada bayi yang baru lahir.

Apakah kencing nanah (gonore) dapat diobati dan bagaimana caranya?

Syukurnya, gonore dapat diobati dengan beberapa prosedur medis. Namun, cara mengobati gonore dapat berbeda-beda bergantung pada kondisi pasien, seperti tingkat keparahan gonore maupun usia pasien.

  • Mengobati gonore pada orang dewasa

Gonore pada orang dewasa dapat diobati dengan mengonsumsi obat antibiotik. Contoh obat yang dapat dikonsumsi, yaitu azythromycin dengan cara diminum atau obat ceftriaxone dengan suntikan.

  • Mengobati gonore pada bayi

Jika pasien kencing nanah adalah bayi, dokter akan memberikan obat mata segera setelah bayi dilahirkan. Prosedur ini dilakukan dengan tujuan untuk mencegah terjadinya komplikasi yang disebabkan oleh gonore, seperti kebutaan. Selain itu, dokter juga akan meresepkan antibiotik jika diperlukan.

Bagaimana cara mencegah gonore?

Beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mencegah gonore, antara lain:

  • Hindari berhubungan seksual dengan lebih dari satu pasangan.
  • Tidak menggunakan sex toys milik orang lain.
  • Kenakan kondom tiap kali berhubungan seksual, bahkan ketika melakukan seks oral.
Penyakit

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*