Tips Menu Bekal Sekolah yang Kreatif dan Menyehatkan

Butuh kreatifitas dan banyak referensi untuk menyiapkan menu bekal sekolah untuk anak agar mereka tertarik untuk menyantapnya. Pasalnya, pada usia anak-anak, seseorang cenderung malas makan. Belum lagi dengan godaan jajanan yang banyak tersedia di sekitar tempatnya bersekolah.

Di sini orang tua dituntut untuk pintar-pintar mencari ide yang kreatif dalam membuatkan menu bekal sekolah. Selain untuk merangsang nafsu makannya, menu bekal sekolah yang menarik dan variatif tentu saja terjaga kesehatannya karena disiapkan langsung oleh Anda.

Berikut ini beberapa tip bagi orang tua menyiapkan menu bekal sekolah. Siapa tahu bisa langsung Anda praktikkan saat nanti mereka mulai kembali ke sekolah setelah pandemi Covid-19 ini berakhir:

  • Bermain dengan Kombinasi Warna

Cobalah mengombinasikan berbagai macam warna yang terlihat menarik di mata anak. Bekal sekolah anak yang penuh warna bukan hanya terlihat lebih menarik, tapi menurut studi yang dilansir oleh jurnal ilmiah Appetite juga bisa meningkatkan nafsu makan dengan cara menstimulasi hipotalamus dan kelenjar liur di mulut.

Ada beberapa cara yang bisa ibu lakukan untuk menambahkan variasi warna dalam bekal sekolah, seperti:

  • Sate buah mini: Gabungkan potongan beri, kiwi, jeruk, dan buah lainnya dengan tusuk gigi atau stik es krim.
  • Roti kombinasi: Buat roti tawar yang dapat dikreasikan menjadi beraneka ragam bentuk. Agar lebih menarik tambahkan potongan sayuran untuk isian atau hiasan roti.
  • Kimbab mini: Isi kimbab dengan telur dadar, ketimun, crab stick, dan wortel, lalu potong dan sajikan dengan menghadap ke atas supaya semua warnanya terlihat.

Bagaimana, sudah terbanyang di benak Anda?

  • Bermain dengan Macam-Macam Bentuk

Cara kreatif menyiapkan bekal sekolah anak selanjutnya adalah dengan membuatnya dalam bentuk yang menarik. Kita ambil contoh pada hidangan nasi goreng; agar nasi goreng tidak terlihat monoton cobalah untuk membentuknya menjadi karakter kartun yang disukai anak. Misalnya membentuknya menjadi boneka yang menggemaskan dengan mata, hidung, dan hiasan yang membuatnya lebih menarik. Sayuran, roti, dan berbagai bahan makanan lain juga bisa Anda kreasikan seperti menggulung, melipat, atau menyusun dengan kreatif.

  • Menambahkan Huruf dan Angka

Supaya lebih menarik, Anda juga bisa menambahkan huruf, angka, atau pesan singkat ke dalam bekal sekolah si kecil. Buah, sayur, sosis, roti, atau makanan lain untuk bekal bisa Anda bentuk dengan pemotong kue kering berbentuk huruf dan angka, lalu taruh atau susun dulu untuk membentuk nama buah hati Anda.

Cetakan emboss huruf yang biasa digunakan untuk fondant juga bisa digunakan untuk membuat pesan kejutan di roti tawar. Jika tidak ingin repot, sudah banyak nugget yang berbentuk huruf atau angka ‘kan? Manfaatkanlah itu

  • Menambahkan Coklat pada Irisan Buah

Hampir semua anak suka coklat, cara kreatif menyiapkan bekal sekolah anak ini dijamin bikin buah hati selalu menghabiskan buah di kotak bekalnya. Caranya mudah Anda cukup mencelupkan setengah bagian potongan buah ke dalam coklat, lalu tunggu sampai kaku sebelum dimasukkan ke kotak makan. Potongan buah sebaiknya tidak terlalu besar supaya bisa habis dalam satu atau dua gigit.

  • Variasi Tema

Cobalah untuk mulai menentukan tema khusus untuk setiap hari sekolah supaya Anda dapat menentukan variasi menu. Tema yang berbeda-beda bisa mengatasi rasa bosan anak terhadap menu bekal sekolahnya.

Anda bisa menetapkan tema yang berbeda beda setiap harinya dengan menu-menu yang menarik contohnya nasi bento untuk hari Senin, roti lapis untuk Selasa, telur untuk Rabu, tanpa daging untuk Kamis, atau nuansa keju untuk Jumat.

Menu tersebut dapat dikembangkan dengan vaerian menu yang menarik. Misalnya saja, tema nasi bisa dibuat dalam variasi nasi goreng, kimbab, atau onigiri; tema pasta bisa dibuat dalam variasi spaghetti carbonara atau makaroni keju, dan sebagainya, sesuai dengan kreasi Anda.

Dengan menu bekal sekolah yang kreatif dan menarik, buah hati akan merasa lebih senang memakan bekal sekolahnya dibandingkan jajan di kantin sekolah ataupun di luar. Dengan begitu para orang tua tidak perlu khawatir akan asupan nutrisi sang buah hati. 

Parenting

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*